Palembang (ANTARA News) - Dr H Mochtar Effendy SE, salah satu pendiri Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, pada usia ke-81 meluncurkan buku "Ensiklopedi Umat Islam" di Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu.

Menurut Mochtar yang kini juga mengelola hotel dan memimpin sebuah RS swasta Islam di Palembang itu, mengemukakan bahwa sejak tahun 1970-an setiap kali merayakan ulang tahun dia bertekad melahirkan karya baru sehingga makin banyak buku ditulisnya.

Buku ensiklopedi sebanyak enam jilid itu, lanjut dia, disusun sejak tahun 2000 dan baru berhasil diselesaikannya tahun ini setelah mendapatkan banyak kritik dan masukan dari berbagai tokoh dan ahli yang berkompeten.

"Saya banyak mendapatkan kritik dan masukan, hampir semua buku yang ditulis selalu berkaitan dengan Islam, karena itu saya perlu membuat buku yang lebih bersifat umum pula," ujar dia lagi.

Pengamat pendidikan Sumsel, Prof Dr Amran Halim, mengomentari bahwa isi buku yang ditulis Mochtar Effendy terbilang lengkap dan memadai.

Namun dia juga mengkritik bahwa isi buku itu tentang eksiklopedi umat Islam namun isinya juga mencantumkan sejumlah hal terutama foto-foto yang tidak terkait dengan umat Islam.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009