London (ANTARA News/AFP) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Ban Ki-moon menyambut baik ikrar bersama pemimpin G20 pada pertemuan puncak (KTT) di London Kamis, menyediakan 1,1 triliun dolar AS sumber pedanaan baru untuk lembaga keuangan multilateral, terutama guna membantu negara miskin.

"Saya sangat senang bahwa para pemimpin G20 telah berkomitmen untuk paket 1,1 triliun dolar AS," kata Sekjen PBB pada penutupan KTT yang ia hadiri.

Para pemimpin G20 telah menyampaikan kembali komitmen sebelumnya untuk meningkatkan bantuan guna membantu negara-negara mengentaskan kemiskinan seperti disebutkan "Tujuan Pembangunan Melenium, lanjut Ban.

"Maksudnya, mereka menjanjikan setidaknya 300 miliar dolar AS selama dua tahun ke depan yang bagi negara-negara miskin adalah hal krusial. Dunia akan mengawasinya," tambahnya.

Pertemuan G20 dihadiri seluruh kepala negara dan pemerintahan negara anggota kelompok itu dengan diawali resepsi bersama Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, London, Rabu sore pukul 17.50 waktu setempat atau 23.50 WIB.

Acara resepsi dilanjutkan jamuan makan malam di kantor Perdana Menteri Inggris Gordon Brown di Downing Street 10, London.

Para kepala negara dan pemerintahan G20 yang hadir adalah dari Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, dan Uni Eropa. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009