Dubai (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barrack Obama berencana berkunjung ke Indonesia pada tahun ini.

Rencana itu disampaikan Obama kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika keduanya duduk bersebelahan pada acara working breakfast KTT G20 di London, Kamis pagi waktu setempat.

"Saya katakan rakyat Indonesia menunggu rencana kunjungan Obama, dan dia menanggapi berencana berkunjung tahun ini," tutur Presiden Yudhoyono yang menggelar konferensi pers di pesawat dalam perjalanan kembali dari London ke tanah air pada Kamis.

Jawaban Obama itu kemudian ditanggapi Presiden dengan mengatakan mudah-mudahan rencana kunjungan Presiden AS itu terlaksana sehingga ia dapat bertemu dengan teman-teman sekolah dasarnya di Jakarta.

Presiden Yudhoyono mengatakan, Obama masih banyak menguasai kosa kata Bahasa Indonesia.

Dalam salah satu kesempatan di forum G20 London, Presiden menuturkan, Obama tiba-tiba menepuk punggungnya dari belakang dan bertanya, "capek?"

"Saya katakan, `tidak, I`m OK`. Kalimat Bahasa Indonesianya masih ada, apa kabar, dan sebagainya," tutur Presiden.

Ketika menyampaikan intervensi tentang pandangan dan sikap Indonesia dalam menghadapi krisis keuangan global pada working breakfast Kamis pagi, Presiden Yudhoyono menggunakan Bahasa Indonesia di hadapan para pemimpin dunia.

Dalam pengantar intervensinya, Presiden mengatakan ia berharap Obama dapat mengerti ucapannya.

"Dia lalu tertawa dan mengatakan, `saya harus belajar kembali Bahasa Indonesia`," ujar Presiden.

Presiden Yudhoyono menilai Obama sebagai sosok yang amat mendengarkan orang lain dan bisa melakukan pendekatan kepada pihak lain secara utuh.

"Saya simak sejak tadi malam, dia mendengar pembicaraan dari siapa pun, tidak ada yang ditinggalkan. Mudah-mudahan `chapter` baru bagi Amerika Serikat untuk melihat pikiran yang utuh," tutur Presiden.

Keberadaan Obama di London untuk menghadiri KTT G20 amat menarik perhatian media setempat.

Televisi berkali-kali mengulang siaran tentang kedatangannya bersama Michelle Obama di London, pertemuan dengan PM Gordon Brown, serta kegiatan Presiden AS itu selama berada di London.

Media cetak juga memasang foto, pernyataan dan kegiatan Obama selama berada di London sebagai berita utama.

Selain mengadakan pembicaraan ringan dengan Obama, Presiden Yudhoyono yang duduk bersebelahan dengan PM Inggris Gordon Brown pada jamuan makan malam di Downing Street juga mendapatkan ucapan terima kasih dari PM Inggris itu.

Menurut Presiden, PM Brown amat menghargai kehadirannya di pertemuan G20 London karena ia tahu Indonesia sedang melakukan kampanye Pemilu.

"Beliau tahu di tengah-tengah kampanye saya tetap hadir. Dia sebelumnya memperkirakan saya tidak bisa hadir, dan ternyata saya hadir. Beliau senang sekali," kata Presiden. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009