Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Mandiri Tbk dalam waktu dekat siap mengakuisisi sebuah perusahaan asuransi untuk melengkapi layanan jasa keuangan yang dijalani selama ini.

Dirut Bank Mandiri Agus Martowardojo di Jakarta, Senin, mengatakan, perusahaan asuransi yang akan diakuisisi tersebut bergerak dalam bidang asuransi umum atau general insurance.

"Diharapkan nanti pada semester II tahun 2009 bisa direalisasikan," katanya tanpa menyebut perusahaan asuransi yang akan diakuisisi tersebut.

Sementara itu menyinggung penyertaan modal Bank Mandiri di Bank Indover, Agus mengatakan, itu dengan pinjaman sindikasi perbankan internasional sehingga pihaknya menyerahkan penyelesaiannya pada bank sindikasi tersebut.

Meskipun demikian pihaknya mengharapkan agar pinjaman oleh Bank Indover tersebut bisa dilunasi dan pihaknya akan mengikuti langkah penyelesaian sesuai proses hukum.

Ketika ditanyakan berapa besaran modal Bank Mandiri di Bank Indover yang saat ini tengah bermasalah tersebut, dia tidak menyebutkan angka pasti.

Namun demikian saat ditanyakan penyertaan modal bank BUMN tersebut di Bank Tri Panca yang juga sedang dilanda permasalahan mencapai Rp50 miliar.

"Dibandingkan dengan modal pernyetaan dari bank-bank lain tidaklah besar. Bank-bank lain sangat besar menyertakan modal di Bank Tripanca," katanya.

Tripanca mulai kesulitan melunasi utangnya ke bank-bank besar ketika harga komoditi pertanian di pasar global rontok. Kondisi ini yang menyebabkan Tripanca yang memiliki bisnis utama perdagangan mengalami kesulitan cash flow, sehingga mereka susah membayar utang kepada perbankan.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009