Bandung, (ANTARA News) - Kawasan Santul dan Jonggol di Bogor Jawa Barat rencananya akan menjadi kompleks olahraga pengganti Istora Senayan Jakarta sebagai upaya merespons event olahraga internasional di tahun mendatang.

"Ada rencana ke depan Istora Senayan dipindah ke wilayah Jawa Barat. Kawasan Sentul dan Jonggol disiapkan untuk lokasi itu," kata Wagub Jawa Barat, H Yusuf Macan Effendi atau Dede Yusuf di sela-sela pembukaan Rapat Anggota KONI Jabar di Bandung, Senin.

Menurut dia, kawasan Istora Senayan Jakarta sudah tidak memungkinkan lagi dilakukan pengembangan fasilitas, sehingga salah satunya harus dilakukan pemindahan kompleks olahraga itu.

Ia menyebutkan, Jawa Barat sebagai kawasan penyangga ibukota Jakarta mempunyai potensi besar menjadi daerah yang dipilih untuk pengganti Senayan.

"Bisa dipilih salah satunya, Sentul atau di Jonggol. Kawasannya sangat mendukung. Pemprov Jawa Barat akan mendukung," katanya.

Rencana pemindahan fasilitas olahraga bertingkat internasional ke wilayah Jabar itu, kata Dede Yusuf merupakan keuntungan tersendiri bagi peningkatan pembinaan olahraga di Jawa Barat.

Setidaknya, katanya, kehadiran infrastruktur olahraga di daerah bisa mendorong peningkatan atlit daerah.

"Jawa Barat yang bersiap jadi tuan rumah SEA Games 2011 dan tuan rumah PON XIX/ 2016 akan terus membangun infrastruktur. Salah satunya di Gedebage Kota Bandung," kata Dede Yusuf.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009