Beijing (ANTARA News) - Dua media terkemuka China, Xinhua dan Harian China, mengangkat berita bencana jebolnya Tanggul Situ Gintung di Ciputat, Tengerang sebagai berita penting di lamannya.

Dua media terkemuka itu menyiarkan berita secara lengkap dengan menampilkan sejumlah foto para korban yang rumahnya hancur dilanda air bah.

"Jumlah tewas dalam jebolnya tanggul di Indonesiamencapai 54 orang " demikian Xinhua, Sabtu.

Xinhua menyebutkan, setidaknya 54 orang tewas dan 36 lainnya luka-luka setelah tanggul jebol yang berada di Ciputat, provinsi Tangerang, yang terletak di pinggiran Jakarta pada Jumat pagi.

Xinhua menyatakan, bencana ini terjadi karena membludaknya air hujan, sehingga mengubur banyak rumah.

"Hujan deras membuat air danau naik padahal pintu air terlalu kecil sehingga merusakkan dtanggul," sebut Xinhua mengutip pejabat Indonesia.

Sementara China Daily, media berbahasa Inggris terbesar di China mengangkat judul "Tanggul Jebol Dekat ibukota Indonesia menewaskan 50 orang."

Koran itu menyebut hujan deras terus menerus menyebabkan sebuah tanggul tua jebol pada Jumat pagi, dan menyebabkan melimpahnya air dalam debit besar ke pemukiman masyarakat sehingga enyebabkan 50 orang tewas.

"Tim penolong memperkirakan jumlah warga yang tewas akan meningkat," sebut China Daily mengutip seorang anggota tim SAR Indonesia.

China Daily juga menyebutkan, berdasarkan laporan penduduk yang selamat, air bah datang tiba-tiba mirip gelombang tsunami.

Baik Xinhua maupun China Daily, menyiarkan pula sejumlah foto yang menggambarkan tragedi itu, antara lain foto tim penolong dan tentara yang sedang mengangkat mayat. (*)























Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009