Malang, (ANTARA News) - Sedikitnya 150 unit rumah warga di Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang, Jawa Timur, rusak ringan dan sedang serta 30-an unit rusak berat diterjang angin puting beliung.

Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satlak Penanggulangan Bencana (PB) Kabupaten Malang, Agung S, Jumat, mengatakan, kejadian itu tidak mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka.

"Kami sudah mengupayakan bantuan pada warga setempat dengan mengirimkan kebutuhan pokok (sembako) yang cukup untuk satu minggu, mendirikan tenda pengungsian serta melakukan perbaikan rumah bersama TNI dan masyarakat sekitar," katanya.

Ia memperkirakan, Minggu (29/3) perbaikan rumah-rumah penduduk yang rusak dan dua mushola yang atapnya hancur sudah selesai dan bisa digunakan kembali. Bagi rumahnya yang belum selesai diperbaiki bisa mengungsi ke tenda atau ke rumah saudaranya.

Selain melakukan perbaikan rumah-rumah penduduk yang rusak, katanya, aliran listrik dan telepon juga diupayakan bisa diselesaikan malam ini.

Selain ratusan rumah rusak, bencana puting beliung tersebut juga menghancurkan dua bangunan mushola dan sekitar 34 hektare lahan pertanian warga yang ditanami tebu dan padi.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009