Kupang (ANTARA News) - Menjelang pelaksanaan pemilu legislatif 9 April 2009, masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya dari Kabupaten Flores Timur (Flotim) dan Lembata, mengajukan usulan agar Pemilu 2009 di kedua daerah pemilihan tersebut digeser.
Permintaan untuk menggeser waktu pelaksanaan pemilu tersebut, karena tanggal 9 April 2009 bertepatan dengan perayaan Kamis Putih, di mana umat kristiani dunia akan ke gereja mengenang kisah perjamuan malam terakhir antara Yesus Kristus dengan murid-muridNya sebelum wafat di kayu salib.
Dalam tradisi gereja Katolik di Flores Timur, khusunya di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur, hari Kamis Putih difokuskan oleh umat Katolik setempat untuk melakukan kegiatan "tikan turo" atau menanam tiang-tiang lilin sepanjang jalan raya yang menjadi rute Prosesi Jumat Agung pada keesokan harinya (10/4).
Pada siang hari Kamis Putih itu, Larantuka yang populer dengan sebutan kota Reinha Rosari itu, hening mencekam karena sedang dilakukan kegiatan "tikan turo" oleh para mardomu (semacam panitia kecil yang telah melamar jauh sebelumnya menjadi pelayan pada Jumat Agung) sesuai promesanya (nasar).
Ketika itu juga, aktivitas di kapela Tuan Ma (Bunda Maria) dimulai dengan upacara "Muda Tuan" (pembukaan peti yang selama setahun ditutup) oleh petugas conferia (sebuah badan organisasi dalam gereja) yang telah diangkat melalui sumpah.
Arca Tuan Ma kemudian dibersihkan dan dimandikan lalu dilengkapi dengan busana perkabungan berupa sehelai mantel warna hitam, ungu atau beludru biru.
Umat Katolik yang hadir pada saat itu diberi kesempatan untuk berdoa, menyembah, bersujud mohon berkat dan rahmat, kiranya permohonan itu dapat dikabulkan oleh Tuhan Yesus melalui perantaraan Bunda Maria (Per Mariam ad Jesum).
Sesuai tradisi, keturunan raja Larantuka Diaz Vieira Godinho yang membuka pintu Kapela Tuan Ma yang terletak di bibir pantai Larantuka itu.
Setelah pintu kapela dibuka, umat setempat serta para peziarah Katolik dari berbagai penjuru NTT dan nusantara serta manca negara mulai melakukan kegiatan "cium kaki Tuan Ma dan Tuan Ana" dalam suasana hening dan sakral.
Sejarah Larantuka sendiri, tidak lepas dari kedatangan bangsa Portugis dan Belanda, yang masing-masing membawa misi yang berbeda-beda pula.
Bangsa Portugis membawa warna tersendiri bagi perkembangan sejarah agama Katolik di Flores Timur, yang meliputi Pulau Adonara, Solor dan juga Lembata yang telah berdiri sendiri menjadi sebuah daerah otonom baru.
Kala itu, konon, orang Portugis yang membawa seorang penduduk asli Larantuka bernama Resiona (menurut ceritra legenda adalah penemu patung Mater Dolorosa atau Bunda Yang Bersedih ketika terdampar di Pantai Larantuka) ke Malaka untuk belajar agama.
Ketika kembali dari Malaka, Resiona membawa sebuah patung Bunda Maria, alat-alat upacara liturgis dan sebuah badan organisasi yang disebut Conferia, mengadakan politik kawin mawin antara kaum awam Portugis dengan penduduk setempat.
Sekitar tahun 1665, Raja Ola Adobala dibaptis atau dipermandikan dengan nama Don Fransisco Ola Adobala Diaz Vieira de Godinho yang merupakan tokoh pemrakarsa upacara penyerahan tongkat kerajaan berkepala emas kepada Bunda Maria Reinha Rosari.
Setelah tongkat kerajaan itu diserahkan kepada Bunda Maria, Larantuka sepenuhnya menjadi kota Reinha dan para raja adalah wakil dan abdi Bunda Maria.
Pada 8 September 1886, Raja Don Lorenzo Usineno II DVG, raja ke-10 Larantuka, menobatkan Bunda Maria sebagai Ratu Kerajaan Larantuka. Sejak itulah, Larantuka disebut dengan sapaan Reinha Rosari.
Pada 1954, Uskup Larantuka yang pertama, Mgr Gabriel Manek SVD mengadakan upacara penyerahan Diosis Larantuka kepada Hati Maria Yang Tak Bernoda.
Selama empat abad lebih, tradisi keagamaan tersebut tetap saja melekat dalam sanubari umat Katolik setempat.
Pengembangan agama Katolik di wilayah itu, tidak lepas dari peranan para Raja Larantuka, para misionaris, peranan perkumpulan persaudaraan rasul awam (conferia), dan peranan semua Suku Semana serta perananan para Kakang (Kakang Lewo Pulo) dan para Pou (Suku Lema).
Contoh ritual yang terus dilakukan tiap tahun hingga saat ini adalah penghayatan agama popular seputar "Semana Santa" dan Prosesi Jumad Agung atau "Sesta Vera".
Kedua ritual ini dikenal sebagai "anak sejarah nagi" juga sebagai `gembala tradisi` di tanah nagi-Larantuka.
Ritual tersebut merupakan suatu masa persiapan hati seluruh umat Katolik secara tapa, silih dan tobat atas semua salah dan dosa, serta suatu devosi rasa syukur atas berkat dan kemurahan Tuhan yang diterima umat dari masa ke masa dalam setiap kehidupannya.
Doa yang didaraskan, pun lagu yang dinyanyikan selama masa ini menggunakan bahasa Portugis dan Latin.
Semana Santa (masa pekan suci) adalah istilah orang nagi Larantuka mengenai masa puasa 40 hari menjelang hari raya Paskah yang diwarnai dengan kegiatan doa bersama (mengaji) pada kapela-kapela (tori) dan dilaksanakan selama pekan-pekan suci.
Doa bersama Semana Santa diawali pada hari Rabu Abu (permulaan masa puasa) sampai dengan hari Rabu Trewa. Orang nagi Larantuka memaknai masa Semana Santa sebagai masa permenungan, tapa, sili dosa dan tobat yang dimulai dari hari Rabu atau disebut Rabu Trewa sehari menjelang Kamis Putih.
Hari ini merupakan hari penutupan Semana Santa. Selain doa dan mengaji di kapela-kapela, pada sore hari diadakan lamentasi (Ratapan Nabi Yeremia) di gereja Katedral Larantuka.
Lamentasi dilakukan menurut ritus Romawi jaman dahulu. Pada saat ini, Larantuka menjadi "Kota berkabung, sunyi senyap, tenang, jauh dari hingar bingar, konsentrasi pada kesucian batin dan kebersihan hidup.
Sehari setelah Kamis Putih yang bertepatan dengan pelaksanaan pemilu legislatif pada 9 April 2009, dilanjutkan dengan Prosesi Jumat Agung dalam bentuk perarakan menghantar jenasah Yesus Kristus yang memaknai Yesus sebagai inti, sedangkan Bunda Maria adalah pusat perhatian, Bunda yang bersedih, Bunda yang berduka cita (Mater Dolorosa).
Pada hari Jumad pagi sekitar pukul 10:00 Wita, ritus Tuan Meninu (Arca Yesus) dari Kota Rewido digelar. Setelah berdoa di kapela, Tuan Meninu diarak lewat laut dengan acara yang semarak nan sakral.
Prosesi laut melawan arus ini berakhir di Pante Kuce, depan istana Raja Larantuka dan selanjutnya diarak untuk ditakhtakan pada armada Tuan Meninu di Pohon Sirih.
Arca Tuan Ma pun diarak dari kapela-Nya menuju Gereja Kathedral. Pada sore hari pukul 15:00 Wita, patung Tuan Missericordia juga diarak dari kapela Missericordia Pante Besar menuju armidanya di Pohon Sirih.
Dalam pelaksanaannya, perjalanan prosesi mengelilingi Kota Larantuka menyinggahi delapan buah perhentian (armida), yakni Armida Missericordia, Armida Tuan Meninu (armada kota), Armida St. Philipus, Armida Tuan Trewa, Armida Pantekebi, Armida St. Antonius, Armida Kuce dan Armida Desa Lohayong.
Urutan armida ini menggambarkan seluruh kehidupan Yesus Kristus mulai dari ke AllahNya (Missericordia), kehidupan manusiaNya dari masa Bayi (Tuan Meninu), masa remaja (St. Philipus) hingga masa penderitaanNya sambil menghirup dengan tabah dan sabar seluruh isi piala penderitaan sekaligus piala keselamatan umat manusia.
Pada Sabtu yang dikenal sebagai Sabtu Alleluya, umat Katolik mengarak kembali Tuan Ma dan Tuan Ana dari Gereja Katedral untuk disemayamkan di kapelanya masing-masing. Demikian pun halnya dengan patung Tuan Missericordia dan Tuan Meninu diarak dari armidanya kembali ke kapelanya.
Ketika tibanya Minggu Paskah, dilangsungkan upacara ekaristi di gereja masing-masing. Selesai perayaan ekaristi, patung Maria Alleluya diarak kembali ke kapela Pantekebis setelah pentakhtaan patung Maria Alleluyah, dilakukan sebuah upacara yang disebut "sera punto dama" dari para mardomu pintu Tuan Ma dan Tuan Ana yang lama kepada yang baru.
Melihat tradisi keagamaan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Flores Timur, Abdul Kadir Yahya mengusulkan ke KPU pusat agar pemilu legislatif di wilayah sebaiknya digeser, dan mengusulkan tanggal 15 April sebagai waktu pelaksanaannya.
Di sisi lain, panitia pemilihan di tingkat kecamatan (PPK) juga gagal menjaring masyarakat menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), karena mereka lebih memilih ke gereja untuk mengikuti prosesi Paskah pada perayaan Kamis Putih ketimbang menjadi penyelenggara pemilu.
Hal yang sama juga dialami oleh KPU Kabupaten Lembata, sehingga ketuanya, Wilhelmus Panda juga minta agar pemilu di kabupaten tersebut juga ditunda.
Ketua KPU Provinsi NTT, Johanes Depa yang dihubungi secara terpisah mengatakan, KPU Pusat saat ini sedang mencermati secara saksama usul pergeseran waktu pelaksanaan pemilu di dua kabupaten tersebut.
Meskipun demikian, KPU pusat mendesak agar KPU Kabupaten Flores Timur dan Lembata sesegera mungkin membentuk KPPS agar bisa menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan pemilu legislatif nanti.
"KPU pusat sangat memahami kondisi tersebut, namun sampai sejauh ini belum memberikan sebuah keputusan final soal bergeser tidaknya waktu pelaksanaan pemilu di dua kabupaten tersebut," tambah Gubernur NTT, Frans Lebu Raya saat melantik Ayub Titu Eki dan Victor Jermias Tiran menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kupang terpilih periode 2009-2014 di Kupang, Rabu (25/3).
Tradisi keagamaan di Flores Timur yang sudah berlangsung ratusan tahun itu menjadi bahan pertimbangan utama KPU setempat, sehingga mengusulkan agar pesta demokrasi rakyat yang berlangsung pada 9 April 2009 mendatang, sebaiknya digeser karena bertepatan dengan perayaan Kamis Putih.
Ketua KPU Hafiz Ansyari kepada pers di Jakarta, Kamis (26/3) mengatakan, pemilu legislatif di Flotim dan Lembata disepakati berlangsung pada 14 April 2009 agar tidak mengganggu tahapan penghitungan suara secara nasional.
Pergeseran waktu pelaksanaan pemilu di dua kabupaten di NTT itu sebagai jawaban KPU atas aspirasi masyarakat, tokoh agama serta semua elemen yang ada di provinsi kepulauan ini, karena prosesi rohani keagamaan di Flotim yang dikenal dengan Semana Santa itu sudah berlangsung ratusan tahun.(*)
Pewarta: Oleh Lorensius Molan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009
indo baru lehair kemarin....
msa negara tidak meperhatikan hal ini...