Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR RI, Andreas H Pareira (Fraksi PDI Perjuangan), di Jakarta, Minggu menyatakan, kepergian pakar politik, Dr Sutradara Gintings, merupakan kehilangan besar bagi kita semua, karena dia termasuk salah satu narasumber kredibel di bidang perpolitikkan nasional.

"Terutama bagi kami di PDI Perjuangan, ini kehilangan besar. Kepergiannya yang mendadak benar-benar mengejutkan kami, baik di partai juga di fraksi, maupun di kalangan sesama anggota Komisi I DPR RI," ungkapnya.

Hal senada juga dinyatakan Ketua Komisi I DPR RI, Theo L Sambuaga (Fraksi Partai Golkar) yang mengenal almarhum sebagai salah satu pemikir politik hebat dan kontribusi pemikirannya banyak memberi warna bagi perjalanan komisi tersebut.

"Bagi kalangan pengamat internasional yang sering menganalisis Indonesia, tentu pasti merasa kehilangan besar juga, karena almarhum merupakan salah satu narasumber berkompeten untuk itu," katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Sutradiri Gintings wafat dalam perawatan di sebuah rumah sakit di Jakarta Selatan, dan saat ini jenazah sedang disemayamkan di rumahnya di kawasan Pondok Indah.

Sesuai rencana dari pihak keluarga maupun partai serta DPR RI, jenazah Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan ini akan dimakamkan di Tanah Kusir, Senin sore (23/3) besok.

    
                        Politisi Cerdas

Bagi Andreas Pareira, sosok Sutradara Gintings merupakan salah satu politisi senior yang cerdas dan memiliki komitmen kuat terhadap NKRI.

"Dia seorang demokrat sejati yang kokoh dalam pandangan politik, namun tetap menghargai perbedaan pendapat," katanya.

Sutradiri Gintings pun sering menjadi pemandu serta penasihat, diminta maupun tidak oleh para yuniornya dalam dunia politik serta akademi.

 "Pesan terakhir ketika saya bertemu beliau dalam suatu pertemuan di rapat Komisi I DPR RI, ialah, agar tetap semangat menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 ini," ungkap Andreas Pareira.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009