Jakarta (ANTARA News) - PB PBSI hanya akan mengikut-sertakan ganda putra nomor satu Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan ke Kejuaraan Asia di Korea, 7-12 April, demi persiapan untuk Piala Sudirman.

"Sudah disepakati kami tidak akan mengirim pemain (untuk bertanding) ke Korea (Kejuaraan Asia), untuk konsentrasi ke persiapan Sudirman," ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh di Jakarta.

Tujuan mengirimkan Kido/Hendra ke Korea untuk ambil bagian dalam kejuaraan berhadiah 150.000 dolar AS itu, adalah untuk memberi mereka suasana bertanding sebelum memperkuat tim Piala Sudirman menyusul absennya mereka di All England dan Swiss Super Series yang baru lalu, karena cedera lutut kiri Kido belum pulih.

"Sudah tidak ada turnamen lagi untuk Mei (Piala Sudirman), jadi kita akan kirim mereka ke sana, kalau tidak nanti mereka sama sekali tidak merasakan suasana bertanding sebelum Sudirman," jelas Lius.

Bagi pemain tunggal putri Maria Kristin yang juga batal ke Eropa karena cedera lutut kanan, akan mendapat kesempatan merasakan bertanding di India Terbuka pekan depan.

Sementara itu, pemain-pemain pelatnas lainnya berlatih mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan dunia beregu campuran yang akan digelar di Guangzhou, China, 10-17 Mei itu.

"Praktis persiapannya hanya tinggal selama April saja," kata Lius yang pekan depan akan memimpin tim Indonesia mengikuti kejuaraan Grand Prix Gold India Terbuka. "Saya bersama 11 pemain berangkat Minggu (22/3) ke India," tambahnya.

Ditanya mengenai kemungkinan mengambil pemain dari luar pelatnas untuk tim Piala Sudirman, Lius mengatakan, tidak tertutup kemungkinan.

"Ada beberapa usulan dari pelatih, tetapi masih perlu pemantauan. Pertimbangannya penampilan mereka bagaimana, perlu tidak (mengambil pemain dari luar)," kata Lius yang mengatakan ancaman untuk tim Indonesia tidak hanya datang dari tim China yang mengalahkan Indonesia pada final dua edisi terakhir, tetapi juga dari tim Korea, Malaysia dan Denmark. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009