Gorontalo (ANTARA News) - Jumlah surat suara Pemilu yang rusak di Provinsi Gorontalo mencapai 350 ribu lembar dengan paling banyak di Daerah Pemilihan II meliputi Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara, kata Anggota KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa di Gorontalo, Sabtu.

"Kerusakan terjadi karena kesalahan cetak pada lembar kedua khusus surat suara untuk DPRD tingkat Provinsi Gorontalo, namun masalah ini sudah dapat diatasi, karena surat suara pengganti telah disalurkan sejak jumat," katanya.

Namun, Sabtu pagi, KPU menerima laporan ratusan surat suara rusak pada dus-dus surat suara untuk DPR RI di Kabupaten Boalemo.

"Dalam setiap dus, paling tidak terdapat 100 hingga 200 lembar surat suara DPR RI yang rusak, karena terkena tinta dengan noda yang cukup besar," katanya.

Namun, lanjut dia, jumlah pasti surat suara yang rusak di Kabupaten Pohuwato itu hingga kini belum dilaporkan.

Meski demikian, pihaknya optimistis jumlah surat suara rusak di Provinsi Gorontalo bisa segera dilaporkan ke KPU Pusat sesuai waktu yang telah ditetapkan, 16 Maret mendatang.

"Seluruh logistik pemilu dari KPU pusat telah kami distribusikan ke KPU yang ada, penyortiran surat suara masih terus dilakukan," katanya. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009