Paris (ANTARA News/AFP) - UEFA hari Selasa mengumumkan bahwa badan sepak bola Eropa itu telah menerima empat pencalonan untuk menyelenggarakan Euro 2016 hingga batas waktu hari Senin.

Negara-negara itu adalah Prancis, Italia, Turki, dan pencalonan bersama Swedia dan Norwegia.

UEFA akan meneliti rincian pencalonan itu untuk menentukan siapa yang berhak untuk diajukan ke tahap berikutnya.

Komite Eksekutif UEFA akan mengambil keputusan akhir pada 27 Mei 2010. Turnamen Eropa tahun 2012 akan diselenggarakan secara bersama oleh Polandia dan Ukraina.

Peserta kejuaraan 2016 itu akan ditingkatkan jumlahnya dari 16 menjadi 24 peserta, suatu langkah yang turut mendorong Skotlandia dan Wales untuk menghentikan minat mereka mencalonkan diri secara bersama untuk menjadi tuan rumah kejuaraan Eropa itu.

Italia, yang terakhir menyelenggarakan kejuaraan Eropa tahun 1980, dan Prancis, tuan rumah tahun 1984, kemungkinan akan menjadi favorit menjadi tuan rumah, dengan Turki berharap dapat meyakinkan UEFA untuk mempercayainya menyelenggarakan kejuaraan tersebut.

Norwegia dan Swedia mengajukan pencalonan secara bersama setelah menyadari bahwa kedua negara itu tidak dapat mencalonkan sendiri untuk menjadi tuan rumah turnamen Eropa yang terdiri atas 24 tim.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009