Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John tidak ingin pertarungan ulang melawan Rocky Juarez digelar di Hosuton, Texas, Amerika Serikat, tetapi di daerah lain seperti di Los Angles atau Las Vegas.

"Saya siap untuk tarung ulang dengan Juarez tetapi bukan di Hosuton tetapi di daerah lain seperti Los Angles atau Las Vegas dengan wasit dan juri yang netral pula," kata kata petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, ketika dihubungi di Semarang, Rabu.

Ia menjelaskan, faktor non-teknis saat pertarungan melawan Juarez di Toyota Center, Houston, Texas, Sabtu (28/2) waktu setempat atau Minggu (1/3) waktu Indonesia sangat kental. "Buktinya, media lokal di sana --ada dua atau tiga media lokal-- yang menyebutkan bahwa Chris John adalah pemenangnya," katanya.

Soal tarung ulang lawan Juarez, kata dia, akan diserahkan kepada manajer sekaligus pelatihnya, Craig Christian. "Yang penting saat ini saya akan istirahat dan berkumpul dengan istri dan dua anaknya karena sudah sekitar dua bulan saya tinggalkan," katanya.

Ketika ditanya kapan tarung ulang itu akan dilaksanakan, petinju yang memiliki juluka The Dragon tersebut, mengatakan, itu yang tidak diketahui karena semuanya diserahkan kepada Craig Christian.

Apakah sebelum atau setelah tarung wajib, petinju yang memiliki rekor bertarung 42 kali dan dua kali seri, 22 di antaranya dimenangkan dengan KO, dia mengatakan, itu juga tidak tahu. "Yang jelas saya akan istirahat dulu. Sambil istirahat, saya tetap menjaga kondisi tubuh saya jika sewaktu-waktu dipanggil untuk berlatih ke Australia," katanya.

Berdasarkan aturan, tarung wajib atau "mandatory fight" harus dilakukan sembilan bulan setelah tarung wajib terakhir. Chris John melakukan tarung wajib terakhir saat mengalahkan Hiroyuki Enoki di Tokyo, Jepang, 24 Oktober 2008.

Terlepas dari itu semua, kata suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati tersebut merasa bersyukur karena bisa membawa kembali sabuk gelar juara dunia ke Tanah Air.

"Yang penting itu dulu, soal tarung ulang nanti saja," kata ayah dua orang putri (Maria Lina Ferisha dan Maria Rosa Christiani).

Seperti diwartakan sebelumnya, petinju terbaik Indonesia Chris John berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu WBA setelah bertarung dengan hasil imbang menghadapi penantangnya Rocky Juarez dari AS dalam pertarungan di Houston, Texas, AS, Sabtu (Minggu WIB).

Pertarungan Chris John yang berlangsung di Toyota Center itu, berakhir imbang karena ketiga hakim memberikan nilai sama untuk kedua petinju, yaitu 114-114.

Dengan hasil tersebut, Chris John berhasil mempertahankan sabuk juara untuk ke-11 kalinya secara beruntun setelah merebut gelar dari tangan petinju Kolombia Oscar Leon di Bali 2003.

Didukung sekitar 1500 warga Indonesia yang tenggelam dalam ribuan pendukung lawan yang meneriakkan "Rocky... Rocky...", Chris John sebenarnya menguasai pertarungan pada awal-awal pertarungan yang berlangsung 12 ronde itu.

Namun pada dua ronde terakhir, Rocky bertarung habis-habisan untuk mengejar ketinggalan angka yang membuat pertarungan harus berakhir dengan imbang.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009