New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham di Wall Street kembali ditutup melemah pada Selasa waktu setempat, karena para investor memperpanjang pertimbangan ekonomi suram, sehari setelah kekacauan global mengirimkan indeks AS ke posisi terendah 12 tahun, kata para dealer.

Indeks Dow Jones Industrial Average, setelah memberikan kenaikan pada awal perdagangan, kembali turun 39,34 poin, atau 0,58 persen, menjadi 6.723,95 pada saat bel penutupan, memperpanjang penurunannya, sehari setelah indeks blue-chip mencapai posisi terendah sejak 1997.

Indeks komposit Nasdaq merosot 1,84 poin, atau 0,14 persen, pada 1.321,01 dan indeks Standard & Poor`s 500 jatuh 4,56 poin, atau 0,65 persen, menjadi 696,26 pada penutupan pendahuluan, level terlemah sejak 1996.

Pasar menunjukkan reaksi positif terhadap peluncuran upaya baru oleh Federal Reserve dan Departemen Keuangan untuk mendorong pinjaman konsumen 200 miliar dolar AS, untuk membeli sekuritas yang terkait dengan berbagagi tipe dari pinjaman kartu kredit.

Namun, beberapa mengatakan komentar Ketua Federal Reserve Ben Bernanke di Kongres mengindikasikan sistem perbankan belum membaik.

"Kenaikan awal perdagangan telah lepas karena pesimisme ekonomi dan keuangan kembali menyelinap ke dalam psikis para pedagang setelah ketua Fed Ben Bernanke lebih memberikan kesan perlunya memerangi kemerosotan finansial dan ekonomi," kata para analis dari Charles Schwab & Co.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009