Jakarta (ANTARA News) - SDN Menteng 01 Pagi  atau dikenal sebagai SD Besuki eks sekolah Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama menggelar reuni akbar yang diikuti angkatan 1958 sampai 2008.

SD Besuki menjadi sekolah bagi tokoh seperti Presdir Garuda Indonesia Emir Syah Sattar, Predir Bakrieland Development Hiramsyah S Thaib, Direktur Medco Cyril Noerhadi, Dirut Perum Peruri Junino Jahja, Predir CMNP Shadik Wahono dan Peter F Gontha.

Selebriti lulusan SD tersebut antara lain Baron eks Gigi, Ami Diyanti, Thomas Jorgi, Sutan Jorgi, Ayu Sintha.

Menurut Ketua Panitia Reuni, Fahira Idris yang juga anak dari Menperin Fahmi Idris, penyelenggaraan reuni terinspirasi dari terpilihnya Presiden AS Barrack Obama.

"Terpilihnya Obama sebagai Presiden AS membuat alumni disadarkan kalau pernah bersekolah di jantung Kota Jakarta yang tidak pernah padam berdenyut selama 24 jam," ujar Fahira.

Lewat jejaring sosial facebook lumni diundang untuk ikut menjadi panitia dalam reuni yang diselenggarakan Minggu (1/3).

"Ternyata animonya sangat besar bahkan mendapat dukungan penuh dari alumni yang sudah berhasil untuk mensponsori kegiatan yang diselenggarakan di Taman Menteng (dulu Stadion Sepak Bola)," ujarnya.

Kegiatan itu juga berhasil menghimpun Rp45 juta dari iuran masuk yang akan diberikan kepada sembilan guru senior masing-masing Rp5 juta sebagai penghargaan atas pengabdian selama ini.

"Kami juga berencana memperkuat database dan jaringan informasi mengingat banyak dari alumni yang berhasil sehingga nantinya menjadi peluang karir bagi adik kelas yang baru lulus," ujarnya.


Hiramsyah mengatakan, untuk menjadi bangsa yang besar hendaknya pendidikan dan pelatihan dimulai sejak dini termasuk untuk mencetak pengusaha sukses yang mandiri.

Cyrril yang ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, kehadiran dari alumni yang sudah sukses diharapkan dapat membantu kegiatan mengajar di SD Besuki agar kualitasnya dapat terus ditingkatkan.

Harapan Cyrril, dalam pendidikan sekarang ini sudah saatnya diubah untuk menciptakan pengusaha mandiri sejak dini yang berarti harus ada kreatifitas dan inovasi dalam proses pembelajaran.

Mengenai Obama, Cyrril mengatakan, saat sekolah anak tersebut memang sudah bercita-cita untuk menjadi Presiden dan ternyata memang berhasil diraih ini menunjukkan pendidikan di masa dini menjadi awal keberhasilan.

Sementara Shadik Wahono yang menjabat Direktur Utama PT.Citra Marga Nushapala Persada Tbk (CMNP) mengatakan, lingkungan yang bagus di Menteng menjadi dasar keberhasilan alumninya.

"Bahkan sesama angkatan biasanya terus menjalin komunikasi sehingga secara tidak langsung masing-masing siswa terpacu untuk meraih sukses," ujarnya.

Sementara itu Fahira mengatakan, jumlah alumni yang terdata 900 dan saat temu alumni saat ini jumlahnya mencapai 1200 orang sampai dengan pukul 11.00 WIB targetnya dalam waktu dekat akan dibentuk ikatan alumni.

Ikatan alumni ini akan mencoba memfasilitasi agar Presiden AS Barrack Obama yang merupakan alumni angkatan 1973 dapat hadir di SD Besuki dalam kunjungan bulan Maret dalam kongres maritim internasional di Manado.(*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2009