Hua Hin, Thailand (ANTARA News) - Pertemuan Tingkat Tinggi sepuluh kepala negara Asia Tenggara tergabung dalam Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) resmi dibuka oleh Ketua ASEAN Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva, Sabtu pulul 14.30 waktu Thailand (tidak ada perbedaan waktu dengan Indonesia).

Pembukaan ini didahului oleh paparan video mengenai kilas balik ASEAN dalam empat dekade lebih ini dan diantarkan oleh suara Abhisit serta menonjolkan Piagam ASEAN yang ditandangani tahun lalu.

Kepala Negara Brunei Darussalam Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mui'zaddin Waddaulah menjadi kepala negara terakhir yang datang ke ruang seremoni pembukaan KTT ASEAN ke-14 di Royal Dusit Grand Ballroom, Hua Hin, Thailand.

Sementara itu, bertepatan dengan pembukaan KTT ASEAN kali ini, sejumlah kelompok sipil Myanmar berdemontrasi depan Media Centre yang terletak di Hotel Sheraton, Hua Hin, yang jaraknya sekitar lima menit dari tempat pembukaan KTT di Hotel Dusit.

Sementara itu, dalam sambutannya Abhisit mengungkapkan ASEAN telah menempuh banyak kemajuan selama 42 tahun usianya, terutama ratifikasi Piagam ASEAN yang menjadi pemerkuat wibawa internasional ASEAN.

Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyon serta beberapa pejabat teras pemerintah seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perdagangan Marie Pengestu berada di barisan depan pada acara pembukaan yang hanya berlangsung sekitar 30 menit. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009