Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Jumat menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri (PM) Thailand Abhisit Vejjajiva.

Abhisit yang berusia 44 tahun disambut oleh Presiden Yudhoyono di tangga teras Istana Merdeka di Jakarta, pukul 15.00 WIB.

Kedua kepala pemerintahan kemudian mengikuti upacara penyambutan di teras Istana Merdeka untuk mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara yang diiringi 19 dentuman meriam.

Setelah itu, Presiden Yudhoyono dan PM Abhisit akan mengadakan pertemuan bilateral yang berlangsung sekitar 30 menit.

Abhisit beserta rombongan delegasi resmi yang berjumlah 14 orang termasuk Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya tiba di Bandar Udara Halim Perdanakusumah Jumat siang pukul 11.55 WIB.

Setelah bertemu Presiden Yudhoyono, PM Abhisit juga dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Jumat sore.

Selama di Indonesia hingga Sabtu, 21 Februari 2009, pemimpin partai oposisi di Thailand itu dijadwalkan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata dan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan.

Sudah merupakan tradisi di ASEAN bahwa kepala negara atau kepala pemerintahan yang baru dilantik melakukan kunjungan kehormatan kepada negara-negara tetangganya.

Abhisit terpilih pada Desember 2008 melalui pemungutan suara di Parlemen.

Terpilihnya PM ke-27 Thailand itu mengakhiri kemelut politik di Thailand yang telah berlangsung berbulan-bulan.(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009