Kupang (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya atas nama Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, Sabtu (14/2), melantik Yosef Tote dan Agas Andreas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur periode 2009-2014 dalam sidang paripurna istemewa yang dipimpin Ketua DPRD Manggarai Timur, Nahas Yohanes.

Gubernur Lebu Raya minta Bupati-Wakil Bupati Manggarai Timur untuk merangkul semua elemen masyarakat yang ada di Manggarai Timur untuk membangun daerah otonom baru tersebut, dengan menyingkirkan segala macam perbedaan politik yang muncul pada masa kampanye berlangsung.

"Perbedaan yang muncul adalah bagian dari proses demokrasi sehingga semua elemen yang ada harus dirangkul dan diberdayagunakan untuk membangun Manggarai Timur," katanya dalam acara yang dihadiri sekitar 3.000 undangan itu.

Upacara pelantikan ini berlangsung sekitar pukul 14.00 Wita di Borong, ibukota Kabupaten Manggarai Timur di Pulau Flores bagian barat, karena lamanya perjalanan darat Gubernur NTT dari Labuanbajo menuju Borong yang memakan waktu sekitar lima jam.

Gubernur Lebu Raya bersama rombongan tiba di Bandara Komodo Labuanbajo, sekitar pukul 08.00 Wita dan langsung menuju Borong. Rombongan tiba sekitar pukul 13.00 Wita.

Manggarai Timur baru berdiri menjadi sebuah daerah otonom baru pada November 2007 setelah lepas dari kabupaten induk Manggarai.

Gubernur NTT mengharapkan Bupati-Wakil Bupati Manggarai Timur dapat menjabarkan visi dan misinya yang menjadi moto utama dalam kampanye untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Karena itu, Lebu Raya menambahkan, seluruh elemen masyarakat yang ada di Manggarai Timur harus diberdayakan dan dirangkul untuk bersama-sama membangun daerah baru tersebut.

"Maju mundurnya Manggarai Timur ditentukan oleh orang Manggarai Timur sendiri. Karena itu, segala macam perbedaan yang muncul selama ini harus disingkirkan untuk menatap masa depan kabupaten baru itu," katanya menegaskan.(*)

Editor: Guntur Mulyo W
Copyright © ANTARA 2009