Beijing,  (ANTARA News) - Media terkemuka di China, Xinhua dan China Daily, melalui laman web memberitakan gempa berkekuatan 7,4 skala richter (SR) yang terjadi di Sulawesi Utara (Sulut), Kamis dini hari.

"Gempa kuat mengguncang Indonesia," demikian judul yang disampaikan oleh Xinhua dan China Daily dalam edisi Kamis, di Beijing.

Xinhua dan China Daily menulis, suatu gempa kuat berkekuatan 7,4 SR melanda Melongane, Provinsi SUlawesi Utara pada Kamis pagi.

"Namun demikian tidak dilaporkan adanya korban atau kerusakan material," demikian media tersebut melaporkan yang mengutip Badan Meteorologi dan Geofisika.

Gempa terjadi pada 00:34 WIB (17:34 GMT, Rabu), dengan pusat gempa berada di dekat Laut Talaud, sekitar 320 kilometer timur laut Manado. Sementara kedalaman gempa berada di bawah 10 kilometer.

Badan Meteorologi setempat telah mengirimkan peringatan tsunami setelah terjadinya gempa, demikian sebut dua media itu mengutip pernyataan seorang petugas BMG daerah. Tapi peringatan tsunami selanjutnya dibatalkan.

Dua guncangan berikutnya, 5,6 SR dan 5,9 SR terjadi beberapa saat kemudian.

Indonesia, sebut dua media itu, dengan penduduk 230 juta penduduk berada dalam wilayah yang rawan gempa, sehingga sering terjadi guncangan yang disebabkan oleh pergerakan vulkanik. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009