Jakarta (ANTARA News) - Jumlah jemaah haji dan umroh Indonesia yang berangkat ke Tanah suci setiap tahun paling banyak di dunia menjadi alasan bagi perusahaan asal Arab Saudi membuka usahanya di Indonesia.

Chairman Dar Al Eiman Co Abdel Razek melaunching cabang perusahaan tersebut di Jakarta, Rabu. Perusahaan ini menjadi mitra penyelenggaraan ibadah haji dan memiliki hotel berbintang di Arab Saudi,

Dar Al-Eiman Co di Indonesia ini merupakan cabang pertama dan satu-satunya cabang perusahaan tersebut di Asia.

Menurut dia, Indonesia dipilih dengan sejumlah alasan. Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia dan sekaligus merupakan negara yang mengirimkan jemaah haji terbanyak pada musim haji.

Namun perusahaan itu tidak menjual paket haji dan umroh langsung kepada jamaah. Perusahaan itu lebih merupakan sebuah perusahaan whole saler karena hanya akan menjual paket haji dan umrohnya kepada penyelenggara haji di Indonesia.

Dengan jaringannya berupa hotel dan rumah makan mewah di Makkah dan Madinah, pengelola perusahaan ini yakin akan mampu menarik minat penyelenggara haji di Indonesia.

"Kami memiliki jaringan hotel di Makkah, Madinah dan kota-kota lainnya di Arab Saudi. Kami juga berpengalaman menyelenggarakan ibadah haji di Arab Saudi. Karena itu, kami yakin akan banyak perusahaan penyelenggara haji yang bergabung dengan kami," katanya,

Dia mengemukakan, dengan bergabung ke perusahaan ini maka penyelenggara haji tidak perlu repot harus bolak balik ke Arab Saudi untuk mengurus segala sesuatu disana. "Kami akan handle semuanya dari sana," kata Razek.

Saat ini, perusahaannya telah berhasil mengirim jemaah haji maupun umroh dengan sukses dari manca Negara dimana perusahaan itu memiliki cabang-cabangnya seperti Amerika Serikat, Pakistan, Mesir, Suriah, Lebanon dan sebagainya.

"Khusus umroh, kami pun menyediakan pesawat-pesawat jet mewah yang dapat disewa untuk melaksanakan umroh sambil berekreaksi di jazirah Arab," katanya.  (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009