Washington, (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton akan mengunjungi Indonesia  karena ia ingin "menjangkau" dunia Muslim,  kata jurubicara Deplu AS, Kamis.

"Itu (Indonesia) adalah negara Muslim terbesar di dunia," kata jurubicara Deplu AS Robert Wood kepada wartawan ketika ditanya mengapa Clinton memasukkan Indonesia dalam kunjungannya ke Asia.

"Menteri merasa penting untuk mendekati (Indonesia)." Clinton, yang juga akan mengunjungi Jepang, Korea Selatan dan China, akan menemui sejumlah pejabat senior di Jakarta untuk membahas "kemitraan yang dekat dan meningkat dengan Indonesia dan prospek dalam kepentingan bersama di Asia tenggara", katanya.

Dalam pidato pelantikannya pada 20 Januri, Prsiden Barack Obama berjanji untuk mengusahakan "jalan baru ke depan" dengan dunia Muslim "berdasar pada kepentingan bersama dan saling menghormati" setelah delapan tahun goyang di bawah pendahulunya George W. Bush.

Menlu Hillary Clinton juga akan membahas "kekacauan pasar keuangan" dalam lawatan 15-22 Februari ke China, Jepang, Indonesia dan Korea Selatan, kata Deplu AS.

"Di semua ibukota itu, menteri akan mendiskusikan pendekatan bersama pada tantangan yang dihadapi masyarakat internasional, termasuk kekacauan pasar keuangan, masalah kemanusiaan, keamanan dan perubahan iklim," jurubicara Deplu AS Robert Wood mengatakan.

Dalam lawatan ke luar negeri pertamanya sejak menjadi menteri luar negeri Presiden Barack Obama, Clinton akan berkunjung ke Jepang 16-18 Februari, Indonesia 18-19 Februari, Korea Selatan 19-20 dan China 20-22 Februari, jurubicara itu menambahkan. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009