Makassar (ANTARA News) - Raja Isa, pelatih asal Malaysia, resmi diberhentikan sebagai arsitek PSM Makassar melalui rapat pengurus yang dipimpin Ketua Umum PSM Ilham Arif Siradjuddin pada Kamis malam.

Asisten manajer bidang teknik PSM Yopie Lumuindong, mengatakan, Raja telah dipecat sebagai pelatih, sementara posisinya untuk sementara digantikan asisten pelatih Hanafing yang akan mempersiapkan tim menghadapi laga kandang melawan Persita Tangerang pada 7 Februari 2009.

Sebelumnya, Ilham berang dengan pernyataan pengunduran diri Raja, sebagai berita utama di media lokal, padahal yang bersangkutan belum pernah berkonsultasi dengan manajemen.

"Saya sangat kaget dengan pernyataan Raja melalui media telah mengundurkan diri, padahal belum pernah berkonsultasi dengan pengurus, ujar Ilham yang juga Manajer PSM menjawab pertanyaan pers saat mendampingi Menkominfo Muhammad Nuh di Makassar, Kamis.

Raja, pelatih asing asal Malaysia, kata Ilham, tidak bisa dengan mudah mengundurkan diri dalam kondisi tim yang sedang mengikuti kompetisi. "Sebagai pelatih ia memikul tanggungjawab besar terhadap tim PSM, "tutur Ilham yang juga walikota Makassar terpilih untuk periode kedua.

"PSM menerima Raja dengan cara baik-baik, karena itu, jika ingin mundur harus dengan cara yang baik-baik pula setelah mendapat persetujuan dari pengurus, bukan membuat pernyataan di media, sebab itu kita akan bersikap," tandas Ilham.

Raja mengatakan, pernyataan mengundurkan diri sebagai pelatih PSM bukan karena ada tekanan dari pihak lain, tetapi sudah merupakan keputusan final.

Selama mengarsiteki PSM sejak akhir putaran pertama kompetisi Liga Super 2008, hingga saat ini, Raja belum pernah menerima gaji termasuk nilai kontrak sebagai pelatih.

Setelah resmi diberhentikan, maka semua haknya sebagai pelatih akan diberikan secara penuh, ujar Yopie.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009