Manado (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Jumat pagi memeriksa kesiapan Tsunami Drill (simulasi menghadapi bencana tsunami) di kota Manado yang akan dimulai Sabtu besok (27/12).

Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang dan Menteri Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi berkenan mamaparkan kesiapan Tsunami Drill di hadapan presiden.

Tsunami Drill
semula dijadwalkan berlangsung 26 Desember 2008, namun karena masih bertepatan dengan hari kedua peringatan Natal, maka Presiden memutuskan untuk mengundur menjadi Sabtu (27/12).

Tsunami Drill dilakukan setiap tahun di daerah yang ditunjuk sebagai salah satu peringatan tsunami di Aceh yang terjadi 2004 lalu. Tsunami drill dilakukan untuk memelihara kesiagaan dan kesiapan masyarakat terutama yang rawan tsunami bila bencana itu datang.

Dalam pemaparan itu hadir pula jajaran Muspida Provinsi Sulawesi Utara.

Presiden dan Ibu negara beserta rombongan dijadwalkan akan kembali ke Jakarta dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado pada pukul 10.30 WITA dan dijadwalkan tiba di kompleks Istana Negara pada pukul 13.40 WIB.

(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2008