Jakarta (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu sore, menguat 100 poin, akibat aksi lepas dolar AS oleh pelaku pasar namun posisinya masih di level Rp11.000 per dolar AS.

NIlai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi Rp11.000/11.100 dibanding penutupan hari sebelumnya Rp11.100/11.170 per dolar AS.

Aksi lepas dolar AS oleh pelaku pasar ini untuk mencari untung setelah mata uang AS itu naik cukup tinggi beberapa hari sebelumnya, kata analis valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova di Jakarta, Rabu. 
"Kami memperkirakan rupiah pada hari berikut akan kembali menguat karena pelaku pasar mulai berkurang dan kebutuhan terhadap dolar AS juga mengecil," katanya.

Menurut dia, rupiah kalau tidak ada hambatan lain kemungkinan akan bisa kembali berada dibawah angka Rp11.000 per dolar AS, apalagi tekanan negatif pasar makin berkurang.

Hal ini di sebabkan sebagian pelaku pasar memang telah siap meninggalkan pasar untuk menyambut liburan panjang akhir tahun ini, katanya.

Untuk menjaga rupiah stabil, BI diperkirakan tetap berada di pasar untuk menjaga rupiah agar tidak mendekati angka Rp12.000 per dolar AS.

Dalam beberapa masa ke depan, rupiah diperkirakan membaik dan bertahan pada kisaran antara Rp10.500 sampai Rp11.000 per dolar AS. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008