Bandung,  (ANTARA News) - PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) mendapat pesanan 30 kereta untuk kelas ekonomi dengan target rampung dikerjakan dan beroperasi sebelum musim angkutan Lebaran 2009.

"PT INKA ditarget memuat 30 kereta ekonomi setiap tahun untuk mengganti kereta yang sudah tua," kata Direktur Komersial PT INKA, Guresti Wahyu di Bandung, Minggu.

Dari proyek pengadaan 30 unit kereta ekonomi baru itu, PT INKA mendapat income senilai Rp200 miliar. Kereta-kereta itu menggantikan kereta atau gerbong-gerbong yang sudah usang.

Kereta kelas ekonomi buatan PT INKA pesanan tahun 2008 telah dioperasikan memperkuat angkutan Lebaran 2008.

"PT INKA hanya memenuhi pesanan saja, sedangkan pengoperasian dan penempatan kereta-kereta itu tergantung kebutuhan PTKA," katanya.

Selain pesanan 30 kereta ekonomi, PT INKA juga mendapat pesanan pembuatan tiga unit `train shet` Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) pesanan pemerintah yang rencananya akan dioperasikan di wilayah Jawa dan Sumatera.

"Rencananya pesanan itu sebanyak lima unit train shet, masing-masing lima kereta, namun batu tiga unit yang sudah deal. Dua train shet itu rencananya ditempatkan di Sumatera," kata Guresti Wahyu.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2008