Washington, (ANTARA Newsa) - Presiden AS George W Bush, Kamis, menyarankan kepada penggantinya Barack Obama agar berusaha memelihara hubungan persahabatan dengan Rusia.

"Saya perlu mengatakan bahwa hubungan kami masih bersahabat, kendati saya belum banyak bertemu dengan dia (Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin) karena di sana terdapat seorang presiden baru," kata Bush di "American Enterprise Institute", suatu pusat pemikir konservatif di Washington.

Putin merupakan presiden Rusia selama dua periode dari tahun 2000 hingga Mei 2008, sebelum menjabat perdana menteri pada 8 Mei 2008.

"Di sana terdapat kepentingan bersama dan di sana bakal menimbulkan banyak ketegangan," kata Bush menyangkut hubungan AS-Rusia.

Hubungan itu menjadi tegang akibat kecaman-kecaman AS mengenai catatan demokrasi Rusia, dan penolakan Moskow atas rencana AS untuk menempatkan komponen pertahanan rudal di Eropa Timur dan berselisih mengenai sejumlah masalah seperti perang Irak.

Pada Juli 2007, Bush mengundang Putin ke kediaman pesisir  pantai keluarga Bush di Kennebunkport, Maine, AS, untuk mencoba memecahkan perbedaan di antara kedua pihak.

Namun pertemuan tersebut dan pembicaraan-pembicaraan bilateral setelah itu gagal mengakhiri perselisihan antara kedua negara.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008