Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh meminta agar Kantor Berita ANTARA bisa berperan penting untuk menyebarluaskan berita-beritanya kepada semua kalangan, termasuk pelanggannya.

"Kantor berita menjadi penting sehingga bisa menyebarluaskan informasi bagi koran dan media lain," kata Menkominfo usai menghadiri acara puncak peringatan HUT ANTARA ke-71, di Wisma ANTARA, Jakarta, Senin.

Apalagi ANTARA meraih sertifikat ISO 9001:2000, Nuh mengharapkan ANTARA dapat bekerja dengan suatu sistem yang dapat meningkatkan kualitas beritanya.

Nuh mengatakan suatu pemberitaan muncul karena adanya pilihan yang didasarkan atas pola pikir (mindset) dan motivasi.

Nuh mengharapkan dengan telah memasuki usia ke -71, ANTARA bisa memberi inspirasi yang baru untuk tahun-tahun mendatang.

Sedangkan Anggota Dewan Pengawas Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA, Asro Kamal Rokan meminta ANTARA menyajikan berita yang menumbuhkan semangat optimisme di masyarakat, terutama saat dampak krisis ekonomi sedang terjadi Indonesia.

"ANTARA punya tanggung jawab untuk membangun optimisme bangsa," kata Asro, saat memberikan sambutan pada peringatan HUT ANTARA ke-71.

Saat ini, katanya, masyarakat sering melihat sisi negatif suatu peristiwa atau kondisi. ANTARA, kata Asro, sekali lagi, harus bisa mengembangkan pemberitaan yang menumbuhkan sikap optimisme masyarakat Indonesia.

"Dengan sikap optimis, saya percaya kita bisa membangun Indonesia," kata Asro di depan jajaran direksi ANTARA, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh dan tokoh pers.

Ia mengatakan, usia ke-71 tahun merupakan usia yang matang dan ANTARA bisa mengambil keputusan yang tepat.

Berita-berita ANTARA, katanya, bisa mempengaruhi masyarakat di dalam negeri dan luar negeri.

Asro mengharapkan ANTARA bisa hidup terus. "ANTARA tidak didirikan untuk 71 tahun, tapi untuk ratusan tahun bahkan ribuan tahun, dan seterusnya," katanya.

Pada peringatan HUT ANTARA ke-17 tersebut, ANTARA meraih sertifikat ISO 9001:2000 dari "World Quality Assurance" (WQA) yang diserahkan langsung oleh perwakilan WQA kepada Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, Ahmad Mukhlis Yusuf.

Menurut Ahmad Mukhlis Yusuf, perolehan sertifikat ISO ini menjadi bukti atas komitmen keluarga besar ANTARA untuk melanjutkan transformasi manajemen menyeluruh, terutama untuk memperkuat proses manajemen mutu pemberitaan sebagai kantor berita yang dapat diandalkan oleh para mitra bisnis.

Menurut Mukhlis, implementasi ISO 9001:2000 ini merupakan salah satu program dari konsolidasi sistem manajemen yang kini sedang berlangsung sejak LKBN ANTARA menjadi Perusahaaan Umum (Perum)berdasarkan PP 40/2007.

Selain penyerahan sertifikat ISO 9001-2000 dari WQA untuk Bidang Pemberitaan, pada saat HUT juga diserahkan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Direksi LKBN ANTARA dan Serikat Pekerja Antara (SPA) dan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) LKBN ANTARA dengan Yahoo Indonesia.

Kesepakatan PKB yang telah ditandatangani pada 10 November 2008 di Jakarta tersebut menandai kemitraan manajemen dengan karyawan melalui serikat pekerja. (*)

Copyright © ANTARA 2008