Chicago,  (ANTARA News) - Gubernur Illinois Rod Blagojevich hari Selasa ditangkap atas tuduhan korupsi, salah satunya karena berusaha menjual kursi senat AS yang dikosongkan oleh rekannya sesama partai Demokrat, presiden-terpilih Barack Obama.

Sebagaimana dilaporkan Reuters, jaksa federal  juga menuduh gubernur itu berusaha memaksa harian terkemuka Chicago Tribune untuk memecat penulis editorial yang kritis terhadapnya.

Obama tidak dekat dengan gubernur itu, namun  penangkapan Blagojebich bisa jadi membuat malu sang presiden-terpilih.

Blagojebich sudah bertahun-tahun  terkait dalam kasus lainnya.Kasusnya yang terbaru kembali mengungkap korupsi gaya-lama dalam periuk besar politik Chicago.

Gubernur Illinois itu terekam sedang mengatakan bahwa kursi senat sangat berharga dan "tidak akan didapat secara gratis." Dia bahkan berucap akan menunjuk dirinya sendiri kalau tidak berhasil menjual kursi senat itu.

Berdasarkan undang-undang negara bagian, gubernur dapat menunjuk seseorang jika kursi senat kosong.

Jaksa federal  Patrick Fitzgerald,  mengatakan cakupan korupsi sang gubernur bisa membuat  Abraham Lincoln "bangkit dari kubur".

Kubu Demokrat maupun Republik segera meminta pengunduran diri Blagojevich untuk diganti oleh letnan gubernur.

Gubernur itu dan seorang pembantu seniornya ditangkap di rumah masing-masing di Chicago.

Obama yang ditanya wartawan terkait kasus itu mengatakan "saya tidak pernah kontak dengan gubernur atau kantornya, karena itu saya tidak tahu apa yang terjadi. Tapi seperti saya bilang, ini adalah saat yang menyedihkan untuk Illinois. Lebih dari itu saya kira tidak pantas jika saya berkomentar."

Tuduhan federal juga menyebutkan Blagojevich diduga mengancam akan membatalkan pengarahan pemerintahan negara bagian Illinois kepada Tribune Company yang akan menjual lapangan Wrigley Field. Tujuan pembatalan itu agar dia  dapat "memicu pemecatan terhadap dewan redaksi Chicago Tribune yang sangat kritis."

Blagojevich juga berusaha mendapatkan bayaran "besar" bagi dirinya dari suatu yayasan nirlaba, jabatan direktur perusahaan bagi istrinya, janji politik uang saat kampanye, serta jabatan di kabinet maupun duta besar bagi yang mendukung senator pilihannya.

Gubernur Illionis sebelumnya, George Ryan, sudah dipenjarakan dalam kasus korupsi federal.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008