Jakarta,  (ANTARA News)- Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa sore naik tajam naik hampir 70 persen atau sebesar 5,3 persen menjadi 1.266 poin karena menguatnya saham-saham yang diperdagangkan di pasar itu.

Saham yang mengalami kenaikan khususnya saham unggulan antara lain Telkom naik Rp600 menjadi Rp6.600 per saham, saham Astra Internasional menjadi Rp9.700 atau naik Rp500 per saham, saham P Gas naik Rp200 menjadi Rp2.050 dan saham Indosat naik Rp125 poin menjadi Rp4.875 per saham.

sentimen positif dari penguatan bursa AS masih menjadi pemicu pergerakan saham di BEI.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga di Jakarta, Selasa mengatakan, berita dari eksternal memicu pelaku pasar untuk membeli saham sehingga saham-saham yang diperdagangkan mengalami kenaikan.

Langkah stimulus untuk memerangi resesi dan sinyal perkembangan penyelamatan industri otomotif AS telah mendorong Indeks Dow Jones Industrial Average di bursa AS semalam ditutup naik 298,76 poin (3,46 persen) menjadi berakhir pada 8.934,18, katanya.

Selain itu, menurut dia, pemerintah AS juga telah mempersiapkan dana talangan sebesar 700 miliar dolar AS bagi perusahaan besar AS yang kolap seperti industri otomotif dan perbankan.

Industri perbankan yang telah mendapat dana talangan yakni City Bank, ujarnya.

Ia mengatakan, menguatnya bursa AS inilah yang membuat pergerakan saham naik mendominasi perdagangan di BEI sepanjang sesi sore.

"Kami optimis pasar pada hari berikut akan tetap positif, setelah beberapa hari lalu terkoreksi cukup tajam," katanya.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2008