Tangerang,  (ANTARA News) - Kantor Bea dan Cukai (BC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten  menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak 10.000 keping DVD dan 250 keping DVD berwarna biru (Blue Ray Disc).

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Kantor BC Bandara Soetta, Eko Darmanto di Tangerang, Selasa mengatakan DVD tersebut dibawa dari Singapura menggunakan pesawat Singapura Air Lines dengan nomor penerbangan SQ-958.

"DVD yang diselundupkan itu harganya relatif mahal di pasaran umum terutama yang berwarna biru," kata Eko Darmanto.

Dia mengatakan, kerugian negara akibat penyelundupan tersebut sekitar Rp1,1 miliar, maka nilai Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka impor (PDRI) yang harus dibayar diperkirakan mencapai Rp200 juta.

Menurut dia, ada empat pelaku penyelundupan tersebut masing-masing S (30), W (40), S (35) dan D (45), mereka tidak memberitahukan barang yang dibawa kepada petugas.

Namun keempat pelaku tersebut merupakan Warga Negera Indonesia (WNI) yang berdomilisi di tempat terpisah di Jakarta.

Sedangkan DVD tersebut sengaja dikemas dalam beberapa koper yang sengaja dirancang agar petugas tidak dapat mengetahui tentang barang bawaan itu.

Namun barang bawaan itu diketahui petugas setelah adanya kecurigaan dalam pemerikasaan rutin mengunakan sinar X.

Petugas BC bekerja sama dengan aparat kepolisian Polres Metro Khusus Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan penyidikan kasus tersebut.

Salah satu DVD yang diselundupkan tersebut film Harry Potter yang banyak diminati penonton warga Indonesia.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2008