Surabaya (ANTARA News) - Keberangkatan calhaj Kloter 85 asal Ponorogo, Pacitan dan Surabaya yang sedianya berangkat, Senin (1/12) pukul 11.55 ditunda menjadi 12.40 WIB.

"Jumat (28/11) PPIH Surabaya menerima surat dari PT. Garuda Indonesia yang memberitahukan perubahan jadwal penerbangan haji Embarkasi Surabaya," kata staf Humas PPIH Surabaya, Sugianto di Surabaya, Sabtu.

Sebanyak 287 calhaj Kloter 85 akan masuk ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Minggu (30/11) dan akan berangkat ke Mekkah, Senin (1/12) menggunakan Garuda dengan nomor penerbangan GA 5122.

"Menurut keterangan dari Garuda, itu bukan delay, tapi perubahan jadwal sesuai dengan surat yang disampaikan. Hal itu terjadi karena waktu terbang yang diterima dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah berubah," katanya.

Sugianto mengemukakan, selama proses pemberangkatan haji tahun ini, baru tiga kali terjadi "delay", yaitu Kloter 51 dan 52 yang diangkut Saudia Arabian Airline (SAA) dan kali ini adalah garuda.

"Dari pantauan kami tahun ini penerbangan mengalami banyak kemajuan. Selain jarang terjadi delay, penerbangan sebagian besar tepat waktu atau bahkan maju lebih cepat dari jadwal, mudah-mudahan berlanjut sampai proses pemulangan," katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2008