Kabul, (ANTARA News) - Sejumlah pria bersenjata tak dikenal melemparkan beberapa granat ke pesta perkawinan di Afghanistan utara sehingga menewaskan delapan orang dan melukai 62 lainnya.

AFP mengutip keterangan para pejabat, yang menyebut peristiwa itu terjadi di provinsi Parwan di Afghanistan utara Jumat malam dan belum jelas pelakunya maupun latar peristiwa, apakah pribadi atau punya hubungan dengan pemberontakan terkait-ekstrimis di Afghanistan.

Enam orang tewas seketika ketika granat dilemparkan ke tempat para pria di pesta perkawinan tersebut. Dua lainnya meninggal kemudian, kata kepala keamanan provinsi Khalilullah Ziae.

Pria dan wanita tetap terpisah pada kebanyakan pesta perkawinan di Afghanistan yang konservatif. Sejumlah pemuda termasuk di antara korban, kata Ziae.

"Tidak jelas apakah ini aksi kejahatan, atau karena masalah keluarga atau persoalan internal, atau apakah itu serangan teroris," jurubicara kementerian dalam negeri Zemarai Bashary mengatakan di Kabul.

Mempelai laki-laki termasuk di antara 62 orang yang terluka, katanya, dan menambahkan dua atau tiga granat telah digunakan.. Karzai mengatakan dalam satu pernyataan bahwa tindakan itu "tidak manusiawi" dan minta pasukan keamanan untuk menemukan para penyerangnya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008