Chicago, (ANTARA News) - Presiden-terpilih AS Barack Obama, Jumat, menjanjikan untuk membawa "perspektif baru" hubugan AS dengan negara-negara lainnya.

Obama, yang akan mengambilalih jabatan dari George W. Bush pada 20 Januari, telah mengkritik pemerintah partai Republik karena pamor Amerika turun di masyarakat internasional.

Dalam pidato yang direkam ada pertemuan Sidang Umum Komite Olimpiade Eropa di Istanbul, Obama mengatakan Gedung Putih-nya akan mengambil pendekatan yang berbeda.

"Dalam beberapa tahun yang akan datang, pemerintah saya akan membawa perspektif baru dalam peran dan tanggungjawab Amerika di seluruh dunia," katanya. Dia mengemukakan negara-negara harus bekerja bersama untuk memenuhi tantangan global.

Obama membuat pancangan bagi kota asalnya Chicago untuk menjadi tuanrumah pertandingan Olimpiade 2016 dan mengaitkannya dengan keinginannya untuk mencabut pendapat asing mengenai AS.

"AS akan terhormat mendapat kesempatan untuk mengadakan pertandingan itu dan melayani Gerakan Olimpiade," katanya. "Sebagai presiden-terpilih, saya melihat olimpiade dan Paralympic Games sebagai kesempatan bagi negara kami untuk menjangkau, menyambut baik dunia ke daratan kami, dan memperkokoh persahabatan kami di dunia."

Pemain penting yang akan mengerjakan persahabatan itu termasuk menteri luar negeri dan penasehat keamanan nasional, dua penunjukan yang Obama katakan sudah hampir sampai pada keputusan.

Seorang pejabat partai Demokrat mengatakan Kamis malam bahwa Clinton, senator New York dan bekas saingan Obama menuju kepresidenan, telah di jalur untuk menjadi diplomat utama negara itu, dengan pengumumannya diperkirakan setelah liburan Thaksgiving 27 November.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008