Jadi kepada seluruh masyarakat, gunakan transportasi-transportasi yang sudah ada di terminal dan resmi, yang kelayakannya sudah teruji,
Tangerang (ANTARA) -
Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten, mencatat jumlah penumpang berangkat dari Terminal Poris Plawad selama periode 19-30 Desember 2019 sebanyak 18.987 penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar di Tangerang, Selasa, menjelaskan banyak warga yang memilih transportasi darat dengan menggunakan bus untuk mudik menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hal itu karena beberapa faktor mulai dari akses jalan darat yang kini lebih baik dan sampai ke beberapa wilayah di Pulau Sumatera.

Baca juga: Wali Kota temukan kendaraan tak layak jalan

Sementara itu, jumlah bus yang tercatat sudah berangkat untuk mengangkut penumpang ada sebanyak 1.985 unit. Seluruh bus yang berangkat telah melalui pemeriksaan demi keselamatan.

Apalagi, arahan dari Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah jika bus yang tak layak pakai maka tak diperkenankan dan petugas harus tegas dan jeli dalam pemeriksaan. "Sebab ini demi keselamatan dan kenyamanan penumpang," ujarnya.

Lalu untuk armada yang datang dari berbagai daerah dan transit di Terminal Poris Plawad ada 366 bus dengan total penumpang 1.784 orang.

Baca juga: Wali kota Tangerang apresiasi TNI-polisi amankan Natal

Wali Kota Arief berharap masyarakat yang menggunakan transportasi umum dari Kota Tangerang merasa nyaman dan aman serta selamat sampai tujuan.

"Jadi kepada seluruh masyarakat, gunakan transportasi-transportasi yang sudah ada di terminal dan resmi, yang kelayakannya sudah teruji," harap Arief.

Dishub Kota Tangerang bekerja sama dengan BNN dan Jasa Raharja juga melakukan tes narkoba dan uji kesehatan terhadap para supir dan awak bus sebelum menjalankan kendaraannya.

Baca juga: Hunian berkonsep TOD marak di Serpong manfaatkan jaringan komuter

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019