Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia akan mengoperasikan kereta api penumpang Bandung-Cirebon via Cikampek.

"KA jurusan Bandung - Cirebon sudah masuk bahasan, mudah-mudahan bisa terealisasi Februari 2009 mendatang," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang S Prasetyo di Bandung, Senin.

Rute baru kereta api itu, kata Bambang, akan melintasi Stasion Cikampek dengan konsep segi tiga Cirebon - Cikampek - Bandung dan sebaliknya.

Rencananya, rute baru itu akan dilayani oleh satu set KA masing-masing rangkaian eksekutif dan bisnis.

Jalur itu sebenarnya sudah dilintasi KA Harina Bandung - Semarang dan sebaliknya. Namun perjalanan KA Harina pada malam hari membuat KA itu kurang diminati oleh penumpang Bandung - Cirebon.

"KA Harina punya segmen konsumen tersendiri dan akan beda dengan penumpang KA Bandung - Cirebon," kata Bambang.

Rencana pengoperasian krute baru itu masih terus dibahas oleh PTKA. Namun kemungkinan besar KA itu akan beroperasi pada siang hari.

Pengoperasian jalur Bandung - Cirebon, kata Bambang akan memberikan pelayanan kepada para penumpang KA di jalur itu. Ia optimis jalur baru itu akan mendapat sambutan dari penumpang.

"Masyarakat makin banyak pilihan untuk ke Cirebon atau sebaliknya dengan kereta api. Animo masyarakat naik KA antar kita saat ini cukup bagus," kata Bambang.

Terkait harga tiket KA Bandung - Cirebon, kata Bambang masih belum ditetapkan.

Jalur KA itu akan bersaing dengan angkutan bus Bandung - Cirebon yang diberangkatkan dari Terminal Cicaheum ke Terminal Harjamukti Kota Cirebon dan sebaliknya.

Sementara itu, jabatan Kapala Humas Daop II Bandung diserah terimakan dari Mateta Rizalulhaq kepada Bambang S Prasetyo. Mateta sendiri promosi menjadi Kepala Seksi Divisi Pelatihan PTKA.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009