Jakarta (ANTARA) - Bosnia-Herzegovina menjaga peluang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 ketika pada laga lain Liechtenstein meraih poin perdananya dalam babak kualifikasi Grup J, Minggu dini hari WIB.

Bosnia yang menjamu Finlandia menang 4-1 atas tamunya itu di Stadion Bilino Polje, Zenica.

Miralem Pjanic mengemas dua gol dalam kemenangan Bosnia ini menyusul pembuka keunggulan dari Izet Hajrovic yang ditutup Armin Hodzic, sedangkan Finlandia hanya bisa membalas lewat gol Joel Pohjanpalo.

Baca juga: Italia pastikan tempat di putaran final usai tekuk Yunani 2-0

Kemenangan Bosnia tidak membuat mereka beranjak dari peringkat keempat, namun tim besutan Robert Prosinecki itu kini telah mengoleksi tujuh poin.

Dengan tiga pertandingan tersisa, Bosnia masih punya peluang mengejar jarak lima poin dari Finlandia pada posisi kedua demi menyusul Italia yang sudah lebih dulu menjadi tim pertama Grup J yang lolos ke putaran final.

Sementara itu dalam laga lain yang berlangsung lebih larut di Stadion Rheinpark, tuan rumah sempat tertinggal akibat gol Tigran Barseghyan untuk Armenia.

Baca juga: Swedia cukur Malta, Rumania berjaya di Kepulauan Faroe

Kendati tampil di bawah tekanan tim tamu dan hanya memiliki kurang dari 40 persen penguasaan bola serta cuma melepaskan enam percobaan tembakan, Liechtenstein mampu meraih gol yang dibutuhkan.

Pada menit ke-72 Yanik Frick menyambar bola muntah hasil tendangan jarak jauh Dennis Salanovic yang tak mampu dihentikan sempurna oleh kiper Aram Hayrapetyan.

Skor imbang 1-1 berhasil dipertahankan oleh Liechtenstein yang sukses membendung tiga dari lima peluang lain milik Armenia hingga laga usai.

Baca juga: Irlandia ditahan seri 0-0 oleh Georgia

Hasil itu jadi raihan poin perdana Liechtenstein, namun mereka tetap terdampar di dasar klasemen Grup J. Sementara itu, Armenia (9) tertahan di urutan ketiga dan kini dihadapkan pada tugas berat untuk menjaga asa lolos ke putaran final mengingat mereka harus mengejar selisih tiga poin dari Finlandia di posisi kedua.

Pada pertandingan berikutnya, Rabu (16/10) dini hari WIB, Liechtenstein menjamu Italia, Armenia bertandang ke Finlandia dan Bosnia bertamu ke Yunani.

Baca juga: Denmark atasi Swiss 1-0
Baca juga: Norwegia tunda kelolosan Spanyol

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019