Jakarta (ANTARA) - Fiorentina kembali gagal mengukir kemenangan perdana di Liga Italia musim ini setelah diimbangi tuan rumah Atalanta 2-2 dalam 10 menit akhir pertandingan pekan keempat di Stadion Ennio Tardini, Minggu setempat (Senin dini hari WIB).

Tim besutan Vincenzo Montella itu sebenarnya memiliki keunggulan berkat gol Federico Chiesa dan Franck Ribery hingga 83 menit pertandingan berjalan, namun pada sisa waktu yang ada Atalanta menyamakan kedudukan lewat Josip Ilicic dan Timothy Castagne.

Hasil tersebut memaksa La Viola mengakrabi dasar klasemen dengan raihan hanya dua poin, sementara Atalanta (7) juga turun ke urutan keenam.

Baca juga: Juventus ditahan imbang Fiorentina tanpa gol

Baca juga: Dinamo Zagreb rusak debut Champions Atalanta


Atalanta menggebrak sejak awal, Blerim Djimsiti melepaskan sepakan yang melambung ke atas mistar gawang Fiorentina, sementara tendangan bebas Ruslan Malinovskyi melebar.

Tim tamu memecah kebuntuan dengan sedikit keberuntungan. Bola tendangan sudut jatuh ke penguasaan Chiesa, yang melepaskan sepakan voli dan terdefleksi Jose Luis Palomino untuk mengecoh kiper Pierluigi Gollini.

Suasana sempat memanas ketika Dalbert mendengar ucapan rasis dari tribun penonton, dan wasit menghentikan permainan sampai panitia pertandingan membacakan surat pernyataan melalui pengeras suara stadion.

Baca juga: Tiga tahun merantau Conte kaget rasisme di Italia makin tinggi

Atalanta yang berusaha keras menembus pertahanan Fiorentina selalu menemui jalan buntu. Mereka mendominasi penguasaan bola namun kesulitan menciptakan peluang matang.

Justru Fiorentina yang menggandakan keunggulan melalui gol cantik. Chiesa mengirim umpan silang melengkung sempurna, yang disambar Franck Ribery dengan sepakan voli kaki kiri. Itu merupakan gol perdana Ribery di Liga Italia.

Merasa di atas angin, Fiorentina justru harus kemasukan menjelang pertandingan usai. Atalanta memperkecil ketertinggalannya melalui bola operan Papu Gomez yang dikendalikan pemain pengganti Ilicic dengan dada dan diteruskan dengan sepakan voli menembus gawang Bartlomiej Dragowski.

Pada menit pertama masa injury time, Atalanta kembali mencetak gol melalui sepakan Mario Pasalic meneruskan operan Marten de Roon. Namun gol itu tidak disahkan karena setelah peninjauan VAR, didapati bahwa pergelangan tangan De Roon sempat mengenai bola.

Atalanta terus menekan dan saat pertandingan tinggal menyisakan beberapa detik, bola tendangan sudut tertuju kepada Castagne yang melepaskan sepakan voli dari luar kotak penalti untuk menembus gawang Fiorentina.

Baca juga: Llorente torehkan dua gol saat Napoli kalahkan Lecce

Baca juga: Inter depak Juve dari puncak klasemen setelah bungkam Milan


Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Atalanta (3-4-1-2): Pierluigi Gollini, Blerim Djimsiti, Jose Luis Palomino, Andrea Masiello (Josip Ilicic 57'), Timothy Castagne, Marten De Roon, Mario Pasalic, Robin Gosens (Guilherme Arana 85'), Ruslan Malinovskyi, Luis Muriel (Papu Gomez 57'), Duvan Zapata

Fiorentina (3-5-2): Bartlomiej Dragowski, Nikola Milenkovic, German Pezzella, Martin Caceres, Pol Lirola, Erick Pulgar, Milan Badelj, Gaetano Castrovilli, Dalbert (Lorenzo Venuti 86'), Federico Chiesa (Dusan Vlahovic 77'), Franck Ribery (Kevin Prince Boateng 69')

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019