Jakarta (ANTARA) - Gelandang Jens Toornstra mencetak gol pada menit-menit akhir pertandingan untuk menyelamatkan Feyenoord dari kekalahan kontra FC Emmen dan menutup laga pekan ketujuh Liga Belanda tersebut dengan skor imbang 3-3 di Stadion De Oude Meerdijk, Minggu.

Raihan satu poin jelas bukan hasil optimal bagi Feyenoord yang unggul dua gol lebih dulu dan bahkan ketika tertinggal juga memperoleh keuntungan sebab tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-76 menyusul kartu merah untuk Michael Heylen, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Meski demikian, Feyenoord masih menjaga catatan tak terkalahkan mereka sejak awal musim walaupun kini hanya menduduki peringkat ke-10 klasemen dengan koleksi sembilan poin, sedangkan Emmen (6) tak beranjak dari urutan ke-16.

Baca juga: Heracles runtuhkan harapan Twente naik ke puncak

Tim besutan Jaap Stam itu membuka pertandingan dengan sangat baik dan bahkan unggul cepat dua gol dalam 12 menit awal.

Orkun Kokcu membuka keunggulan Feyenoord pada menit ketiga sebelum sembilan menit berselang umpan kiriman Steven Berghuis berhasil diselesaikan dengan baik oleh Luciano Narsingh dengan tembakan jarak dekat.

Namun, keunggulan Feyenoord bahkan tak bertahan hingga babak pertama usai.

Emmen memperkecil ketertinggalan terlebih dulu lewat gol Robbert de Vos pada menit ke-21 saat ia memanfaatkan umpan dari Michael de Leeuw.

Lantas pada menit ke-32 sebuah tembakan jarak jauh Sergio Pena berhasil mengoyak gawang Feyenoord tanpa mampu diantisipasi kiper Kenneth Vermeer.

Feyenoord hampir merestorasi keunggulan tiga menit kemudian jika saja bola tembakan Sam Larsson tak ditolak oleh mistar gawang.

Tiga menit berselang gilirang peluang Emmen lewat Glenn Bijl yang digagalkan oleh tiang gawang dan kedua tim turun minum dalam kedudukan imbang 2-2.

Emmen berhasil membalikkan keadaan dan merebut keunggulan lewat Luciano Slagveer yang mencetak gol dari sudut sempit usai menerima bola sundulan Bijl pada menit ke-59.

Feyenoord mendapat keuntungan seusai kartu merah yang diterima Heylen dan pelatih Emmen Dick Lukkien mengantisipasi hal itu dengan memasukkan Ferhat Gourguelue menggantikan Pena untuk menambal lini pertahanan timnya.

Hal itu hampir saja sukses membuat Emmen mengamankan tiga poin, namun tepat pada menit keenam masa injury time lewat serangan pamungkas dari situasi bola mati Toornstra berhasil menyambut umpan kiriman Naoufal Bannis untuk memaksakan skor imbang 3-3.

Feyenoord masih berpeluang untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara mengingat mereka memiliki satu laga tunda pekan keempat yang akan dimainkan pada Kamis (26/9) melawan AZ Alkmaar.

Baca juga: Jadwal Liga Belanda, PSV dan Ajax berebut puncak klasemen

Susunan pemain:

FC Emmen (4-2-3-1): Dennis Telgenkamp; Glenn Bijl, Michael Heylen, Nick Bakker (Keziah Veendorp), Jan-Niklas Beste; Michael Chacon, Tom Hiariej; Luciano Slagveer (Wouter Marinus), Sergio Pena (Ferhat Gourguelue), Robbert de Vos; Michael de Leeuw
Pelatih: Dick Lukkien

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer; Rick Karsdorp, Eric Botteghin, Edgar Ie (Marcos Senesi), Ridgeciano Haps; Renato Tapia (Naoufal Bannis), Orkun Koucku (Jens Toornstra), Leroy Fer; Steven Berghuis, Luciano Narsingh, Sam Larsson
Pelatih: Jaap Stam

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019