Jakarta (ANTARA) - Spanyol berhasil melewati hadangan Italia dan menang 67-60 dalam putaran kedua Piala Dunia FIBA 2019 di Wuhan, China, Jumat, demi melengkapi jajaran empat perempat finalis pertama.

Spanyol menyusul Polandia, Serbia dan Argentina yang sudah lebih dulu melangkah ke babak perempat final, meski belum ditentukan siapa bakal menjadi lawan siapa, demikian catatan laman resmi FIBA.

Baca juga: Argentina, Serbia, dan Spanyol sapu bersih kemenangan putaran pertama

Baca juga: Argentina atasi Venezuela, giliran Gabriel Deck bersinar

Italia tak membiarkan Spanyol menang dengan cara mudah. Mereka bukan saja mengimbangi Spanyol, tapi unggul tipis 31-30 kala menutup paruh pertama pertandingan menyusul tembakan dua angka Danilo Gallinari.

Spanyol bangkit pada kuarter ketiga dan sempat unggul 46-38 pada sisa waktu tiga menit 55 detik selepas Ricky Rubio sukses meraih three-point play.

Italia berusaha mengejar lagi ketertinggalan tersebut dan berhasil mendekati Spanyol 48-50 lewat dua lemparan bebas Jeff Brooks kala mengakhiri kuarter ketiga.

Kerja keras Italia membuahkan hasil dan tembakan tripoin Gallinari sukses membawa mereka memimpin 56-52 pada sisa waktu empat menit 21 detik pertandingan.

Hanya saja, Spanyol kemudian meraup 10 poin tanpa balas untuk kembali unggul 62-56 ditutup lemparan dua angka Marc Gasol pada sisa waktu satu menit tujuh detik.

Sejak itu, Spanyol sukses mempertahankan keunggulan dan menutup pertandingan dengan kemenangan 67-60 atas Italia.

Baca juga: Italia tundukkan Angola demi dekati babak kedua

Juancho Hernangomez jadi pengumpul angka terbanyak Spanyol lewat 16 poin, diikuti Rubio 15 poin dan Sergio Lllull 11 poin.

Sedangkan Gallinari mengemas 15 poin dan lima rebound untuk Italia dibantu 12 poin dari Luigi Datome.

Spanyol selanjutnya akan menghadapi Serbia pada Minggu (8/9) untuk menentukan siapa yang berada di pucuk klasemen akhir Grup J.

Pasalnya, peringkat pertama Grup J akan menghadapi urutan kedua Grup I dan sebaliknya.

Sebagaimana Spanyol dan Serbia, Argentina dan Polandia juga akan berhadapan pada Minggu (8/9) untuk penentuan puncak Grup I.

Baca juga: Polandia lanjutkan catatan sempurna, atasi Rusia 79-74

Baca juga: Kunci sukses Serbia: pantang remehkan lawan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019