Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR, Zulkifli Hasan, mengatakan, anak-anak muda Indonesia penting untuk lebih mengenal Pancasila agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila itu warisan dari generasi ke generasi. Bukan hanya untuk orang tua, tapi juga untuk generasi muda," katanya dalam pelantikan DPP Mahasiswa Pancasila (Mapancas) periode 2017-2020 di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa.

"Jarang anak-anak muda yang memahami nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an kita dan terhindar dari hoax, politik kebencian, sikap memecah belah, juga menyadari bahwa kita adalah keluarga besar," kata Hasan, melalui rilis pers MPR.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada tiga kunci agar sebuah negara bisa maju. Pertama, negara itu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, mesti ada trust, yaitu berjuang untuk kepentingan bersama. Ketiga, mempunyai nilai-nilai. 

"Pancasila adalah alat pemersatu bangsa bukan pemecah-belah. Pancasila harus dijadikan perilaku sehari-hari, agar menjadi bangsa yang besar, maju dan sejahtera," ucapnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017