Washington (ANTARA News) - Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan pada Kamis bahwa terlalu dini untuk sepenuhnya memahami dampak dari gejolak di pasar global terhadap pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat.

Ditanya dalam sidang Senat apakah Amerika Serikat bisa menghadapi resesi di tengah krisis global, Yellen mengesampingkan kemungkinan kontraksi dalam ekonomi.

Dia mengatakan The Fed "benar-benar" mempertimbangkan dalam pembahasan kebijakannya risiko-risiko dari masalah-masalah ekonomi di negara-negara dan kawasan lain.

Namun, dia mengatakan, "itu terlalu dini untuk membuat penilaian" tentang dampak gejolak pasar.

Yellen menegaskan kembali pernyataannya di sidang DPR pada Rabu, bahwa pertumbuhan ekonomi AS menghadapi meningkatnya risiko-risiko dari kondisi keuangan ketat dalam negeri dan pelemahan luas dalam ekonomi global serta volatilitas pasar.

Tapi dia juga menegaskan pandangannya bahwa ekonomi AS akan terus tumbuh moderat meskipun ada sejumlah pelemahan saat ini berdasarkan pada berlanjutnya penguatan di pasar pekerjaan domestik.

Dia juga mengatakan, di tengah penjualan tajam saham-saham bank di Amerika Serikat dan pasar luar negeri, bahwa bank-bank AS tetap kuat secara finansial.

Dia mengatakan, dia yakin langkah-langkah yang diambil untuk memaksa bank-bank AS memperkuat fondasi modal mereka sejak krisis keuangan 2008 "telah memiliki imbalan sangat besar."

"Jadi saya pikir kami memiliki sistem perbankan yang kuat dan kami sudah melihat tanda perbaikan." Demikian laporan AFP.

(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016