Jakarta (ANTARA News) - Cal Crutchlow pebalap MotoGP berkebangsaan Inggris dari tim LCR Honda mengatakan motor Honda RC213V adalah kendaraan tersulit yang pernah ditungganginya di MotoGP.

Pada 2013 Cal Crutchlow menggunakan Monster Yamaha Tech 3 untuk finish di posisi kelima klasemen. Ia pernah menunggangi Ducati pada 2014 dan pindah ke tim LCR Honda pada MotoGP 2015.

"Itu mungkin motor paling sulit yang saya naiki di MotoGP," kata Cal Crutchlow dilansir dari Autosport, Kamis.

"Ini sesuatu yang sama sekali berbeda dari yang dipikirkan orang. Beberapa orang berpikir Anda bisa melompat jika menggunakan Honda dan berkendara seperti Marc (Marquez) dan Dani (Pedrosa)," tuturnya.

"Tapi Marc adalah keajaiban alam dan ia bisa mengendarai Honda karena satu-satunya kendaraan yang pernah dia tunggangi, sementara Dani sudah menungganginya selama 10 tahun," katanya.

"Tapi saya rasa mereka tahu bagaimana cara untuk memulai dan mengakhirinya, itu hanya soal waktu," katanya.

Crutchlow yakin dengan performa Honda tahun ini karena kembali menggunakan sasis tahun 2014 dengan mesin 2015.

"Saya benar-benar memandang ke depan untuk kompetisi 2016, mereka memiliki beberapa insinyur yang fantastis dan mereka sangat pintar. Jadi saya rasa kami harus percaya diri sendiri sebagai pengendara di dalamnya dan memandang ke depan," kata dia.

Kendati masih bermasalah, Crutchlow mengatakan mesin 2015 memberikan hal "baik yang dasar" untuk tahun keduanya di Honda.

"Jelas pada awal tahun ini kami menggunakan mesin yang sama," katanya. "Setelah itu mulai berubah, dan mulai cukup banyak berubah."

Crutchlow memiliki waktu tercepat keempat pada hari ketiga pada tes di Sepang, Malaysia, pada pekan lalu.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016