Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk bekerja sama dengan PT Inalum (Persero) mengaplikasikan solusi "Enterprise Resource Plan (ERP) System Application and Products in Data Processing (SAP) untuk meningkatkan kapasitas Inalum sebagai perusahaan global terkemuka berbasis aluminium.

"Telkom berkomitmen membangun industri nasional dengan melakukan "Go Live Enterprise Resource Plan (ERP) System Application and Products in Data Processing (SAP)" di Inalum," kata Direktur Enteprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Kamis.

Menurut Awaluddin, "Go Live ERP SAP" Inalum ini merupakan puncak dari implementasi ERP SAP sesuai Perjanjian Implementasi Sistem ERP Berbasis SAP yang telah ditandatangani oleh kedua perusahaan.

Kegiatan "Go Live ERP SAP Inalumi" ini ditandai dengan pemberian work order kepada Inalum yang disaksikan oleh direksi kedua perusahaan.

"Telkom sebagai provider telekomunikasi di Indonesia yang menggelar portofolio solusi ERP SAP, akan terus mendukung pertumbuhan bisnis industri di Indonesia dengan memberikan nilai tambah berupa pengurangan biaya serta end-to-end services mulai dari penyediaan perangkat sampai pengelolaannya," kata Awaluddin.

Ke depannya, portofolio solusi ERP SAP ini akan digulirkan ke semua pelanggan korporasi termasuk BUMN sebagai bentuk sinergi.

Sistem ERP berbasis SAP merupakan sistem aplikasi pemrosesan data yang meliputi ERP yang terintegrasi dan tersentralisasi yang dikembangkan oleh SAP AG.

Sementara itu, Direktur Utama Inalum Winardi berharap "Go Live ERP SAP" ini dapat menjadikan Inalum sebagai perusahaan global terkemuka berbasis aluminium terpadu ramah lingkungan.

Di samping itu juga akan memberikan sumbangsih kepada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional melalui kegiatan operasional dan pengembangan usaha berkesinambungan.

"Dengan sistem yang terintegrasi, perubahan lingkungan bisnis bisa diantisipasi dengan cepat dan tepat," ujar Winardi.

Dalam implementasi sistem ERP SAP tersebut lengkap 11 modul dengan waktu implementasi tujuh bulan, ini membuktikan bahwa komitmen sinergi BUMN sudah terimplementasi dan membawa value bagi kedua belah pihak dan terutama bagi negara.

"Dengan komitmen Top Management didukung kerja keras dan semangat On Fire Change Leader, akhirnya pada hari ini Inalum siap go live ERP SAP," ujar Winardi.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016