Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengakui pers mempunyai peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menerima delegasi Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) PB HMI di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis.

Kehadiran delegasi yang dipimpin oleh Muhammad Shofa itu terkait dengan kegiatan LAPMI yang mengundang Zulkifli Hasan dalam Munas di Depok, Jawa Barat pada 26-28 Februari 2016.

Zulkifli menjelaskan, dalam era keterbukaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan yang terjadi tidak hanya dalam bidang ekonomi, namun juga dalam bidang sosial, budaya, dan sebagainya.

"Untuk itulah pentingnya bangsa ini menyiapkan segala hal termasuk peran pers untuk menguatkan ruh kebangsaan," tambahnya.

Menurut Zulkifli, sikap optimistis bagi bangsa ini perlu ditumbuhkan di tengah masyarakat yang terancam dengan maraknya korupsi, tawar-menawar kepentingan, ingin cepat kaya secara instan, dan emosional.

Dalam kesempatan itu Zulkifli Hasan menekankan pentingnya pemerataan kesejahteraan.

"Pemerataan kesejahteraan bukan dengan mengurangi orang kaya, namun bagaimana pengentasan kemiskinan itu menjadi lebih cepat, tepat dan benar-benar dirasakan oleh rakyat," katanya.

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016