London (ANTARA News) - Louis van Gaal tengah berharap tetap bertugas selama Natal setelah beredar kabar bahwa manajer Manchester United itu akan dipecat sebelum pertandingan tandang Boxing Day melawan Stoke City.  Pelatih Bayern Muenchen Pep Guardiola dan mantan pelatih Chelsea Jose Mourinho disebut-sebut menjadi calon terkuat pengganti Van Gaal.

Van Gaal berada dalam bahaya besar pada setengah jalan masa kontraknya yang berumur tiga tahun setelah enam laga tanpa menang yang membuat MU tersingkir dari Liga Champions dan terpental dari empat besar Liga Utama Inggris.

Setelah dikalahkan 1-2 oleh tim lemah Norwich City Sabtu lalu, Van Gaal disebut-sebut hanya punya dua pertandingan lagi yang akan menentukan masa depannya di MU.

Baca :  MU kalah lagi, Van Gaal khawatir dipecat

Jika dikalahkan Stoke Sabtu pekan ini atau oleh Chelsea di Old Trafford Senin nanti, sudah cukup bagi Keluarga Glazer untuk mencampakkan Van Gaal.

Namun di Twitter berkembang isu bahwa Van Gaal tak akan bertahan selama itu. Muncul laporan bahwa wakil kepala eksekutif United Ed Woodward telah terbang ke London untuk sebuah rapat resmi klub itu.

Tetapi Manchester Evening News melaporkan bahwa Woodward hanya membahas soal komersial, bukan masa depan Van Gaal.

Van Gaal disebut menghadapi tenggat waktu setelah pertandingan melawan Stoke. Oleh karena itu dia dituntut untuk memenangkan laga melawan Stoke demi menyelamatkan nasibnya.

Jose Mourinho yang dipecat Chelsea pekan lalu sudah mengisyaratkan kesiapannya menukangi Old Trafford jika Van Gaal ditendang.  Tetapi agen Mourinho menyatakan belum ada kesepakatan dengan United mengenai soal itu.

Baca :  Jose Mourinho dipecat

"Kami tidak tahu apa yang akan terjadi nanti, tetapi saat ini tidak ada kesepakatan. Juga tidak ada satu pun proposal resmi, itu tidak benar," kata agen Mourinho.

Pep Guardiola juga masuk daftar incaran United setelah pelatih asal Spanyol itu menyatakan akan meninggalkan Bayern Muenchen akhir musim ini.

United bisa untuk sementara menunjuk asisten Van Gaal, Ryan Giggs, sebagai pelatih sementara, yang pernah dia emban menyusul pemecatan David Moyes pada 2014. Itu dilakukan sambil menunggu kesediaan Guardiola.

Baca :  Manchester United berpeluang dapatkan Guardiola, kata Beckenbauer

Kabarnya, Van Gaal tidak mendapatkan dukungan dari para pemain senior, kendati di depan umum mereka mendukung bekas bos Barcelona itu, demikian AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015