Abu Dhabi (ANTARA News) - Nico Rosberg menyingkirkan juara dunia tiga kali sekaligus rekan setimnya Lewis Hamilton dari posisi puncak pada daftar catatan waktu Abu Dhabi, ketika Mercedes mendominasi sesi latihan terakhir pada Jumat di musim Formula 1.

Pebalap Jerman itu, yang merupakan runner up di kejuaraan yang telah dimenangi oleh Hamilton, mengukir waktu terbaik yakni satu menit 41,983 detik di bawah sorotan lampu Yas Marina.

Hamilton, pemenang di Abu Dhabi tahun lalu setelah Rosberg mengamankan posisi start terdepan, menjadi yang tercepat pada sesi petang dengan catatan waktu 1: 43,754 namun mengakhiri hari dengan lebih lambat 0,318 detik.

Panitia penyelenggara juga membuat banyak keterkaitan antara nomor 44 pada mobil Hamilton dengan hari kemerdekaan ke-44 Uni Emirat Arab yang akan dirayakan pada pekan depan.

Kemenangan lain juga akan menjadi kemenangan ke-44 sepanjang karir pebalap Britania ini dan ia bertekad mengakhiri tahun dengan catatan bagus. Demikian juga Rosberg, yang mengejar kemenangan beruntun ketiganya dan posisi start terdepan untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

Dua pebalap Mercedes itu, yang juga akan mengejar rekor finis satu-dua untuk ke-12 kalinya di musim ini pada balap Minggu, unggul dengan nyaman atas para pebalap sisanya.

Pebalap Meksiko Sergio Perez cukup impresif untuk dapat menduduki posisi ketiga pada sesi latihan malam untuk Force India, namun ia masih lebih lambat 0,627 detik dan mengeluhkan terdapat masalah pada remnya di akhir sesi.

Kimi Raikkonen menjadi yang tercepat urutan ketiga pada sesi pertama, sedangkan pebalap Red Bull Daniil Kyvat berada di posisi keempat dan diapit antara dua Ferrari, di mana Sebastian Vettel menduduki urutan kelima pada kedua sesi.

Lotus lolos pemeriksaan (scrutineering), setelah mendapat surat pernyataan bebas tuntutan pada Kami karena keterlambatan kedatangan mobil-mobil mereka di paddock karena masalah keuangan, namun mereka tetap menjalani sesi yang berat.

Pebalap cadangan asal Britania Jolyn Palmer, yang akan menggantikan pebalap asal Prancis Romain Grosjean yang hengkang pada musim depan, harus menepi pada 12 menit terakhir ketika timnya memperbaiki masalah kebocoran air pada mobilnya.

Grosjean mencatatkan 27 putaran pada sesi selanjutnya.

Pebalap pemula asal Spanyol Carlos Sainz memarkir mobilnya di tepi trek dengan setengah jam lagi kualifikasi akan usai, setelah diminta mematikan mesin mobilnya, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015