Jakarta (ANTARA News) - Pelari asal Kenya Julius Kiprotich Seurei menjuarai Jakarta Marathon 2014 kategori Open Full Marathon dengan catatan waktu dua jam 14 menit 51 detik, pada Minggu.

"Saya sangat senang atas kemenangan ini. Saya akan datang lagi tahun depan ke Jakarta Marathon," kata Seurei kepada pers selepas menerima piala juara pertama Jakarta Marathon 2014.

Seurei mengaku baru pertama kali datang ke Jakarta untuk mengikuti lomba lari maraton sejauh 42,195 kilometer dan berhasil memperoleh hadiah Rp250 juta sebagai pelari kategori full marathon pertama yang masuk garis finis di Monumen Nasional.

Di urutan kedua dan ketiga ada pelari Kenya Kennedy Liken Kipro dan Yusuf Sowgoka. Kipro berhak mendapat hadiah Rp175 juta dan Sowgoka meraih Rp125 juta.

Ketiga pelari Kenya juga menguasai podium juara untuk kategori Open Full Marathon Wanita. Urutan pertama diraih Nyansikera Windfridah, disusul Mercy Jemutai pada urutan kedua dan Elizabeth Jenuyut Chemweko pada urutan ketiga.

Sekitar 14 ribu peserta dari 50 negara mengikuti Jakarta Marathon 2014 yang melombakan lima kategori yaitu full marathon (42,195 km), half marathon (21 kilometer), 10k (10 km), dan 5k (lima kilometer), serta kategori Maratoonz (800 meter) untuk anak-anak.

Sejumlah atlet lari nasional seperti Agus Prayogo, Erni Ultaningsih, Ridwan, dan Bambang Giyono ikut meramaikan acara yang digelar sejak pukul 05.00 WIB hingga 12.00 WIB itu.

Sebanyak 20 panggung hiburan di beberapa titik lintasan menyemarakkan Jakarta Marathon 2014 dengan pertunjukan seni budaya tradisional Indonesia seperti gambang kromong, talempong, gondang Batak, kolintang, dan rampak gendang.


Pewarta: Imam Santoso
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014