Dengan pencabutan kebijakan itu, pasokan BBM yang dikirimkan ke seluruh SPBU akan kembali normal,"
Karawang (ANTARA News) - Kondisi stasiun pengisian bahan bakar umum di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, secara perlahan kembali normal setelah dilakukan normalisasi pasokan bahan bakar minyak oleh PT Pertamina.

Normalnya kondisi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) terlihat di beberapa titik sekitar wilayah perkotaan Karawang, Rabu sore.

Berbeda dengan beberapa hari sebelumnya, sejak Rabu sore hingga malam, antrean kendaraan yang hendak mengisi BBM bersubsidi tidak terlalu panjang. Meski masih terjadi antrean kendaraan, itu hanya beberapa kendaraan saja.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Karawang Hanafi mengatakan, kebijakan pemerintah terkait pembatasan pasokan BBM bersubsidi yang telah diberlakukan selama beberapa hari terakhir telah dicabut.

Pencabutan kebijakan yang sebelumnya telah mengakibatkan antrean panjang kendaraan di hampir seluruh SPBU sekitar Karawang itu dilakukan pada Selasa (26/8) malam.

"Dengan pencabutan kebijakan itu, pasokan BBM yang dikirimkan ke seluruh SPBU akan kembali normal," katanya.

Sales Executive Relative Wilayah XIV (Purwakarta, Subang dan Karawang) Bagus Handoko, saat mengunjungi Karawang, mengatakan, terjadinya antrean panjang kendaraan di SPBU beberapa waktu lalu akibat kepanikan warga.

Ia mengimbau masyarakat tidak perlu resah akan terjadi kelangkaan BBM sebab pembatasan atau pengendalian pasokan BBM sudah dicabut.

Bagus menyatakan, sejak dicabutnya kebijakan pemerintah pusat terkait dengan pembatasan pasokan BBM bersubsidi, Depo Pertamina Dawuan, Cikampek, melakukan normalisasi pasokan di seluruh SPBU.

"Tetapi proses normalisasi pasokan BBM itu tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat, membutuhkan waktu. Kami akan mengerahkan armada pengangkut BBM secara maksimal untuk memasok BBM ke seluruh SPBU," kata dia.
(KR-MAK/N002)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014