Jakarta (ANTARA News) - Pengelola tugu Monas memperkirakan pengunjung ke monumen itu akan melonjak hingga dua kali lipat saat libur Lebaran, baik warga Jakarta ataupun dari luar kota.

Salah satu Staf Pelayanan dan Pameran Monas, Nursamin, di Jakarta, Rabu, mengatakan, jumlah pengunjung saat akhir pekan, hari libur nasional, dan hari libur keagamaan akan naik menjadi sekitar 4.000 pengunjung, yang kebanyakan dari luar Jakarta.

Sedangkan jumlah pengunjung pada hari biasa, Senin hingga Jumat, hanya 1.500 hingga 2.000 orang.

"Lebaran biasanya akan ramai seperti tahun sebelumnya, karena tidak semua warga Jakarta pergi mudik. Hari pertama Idul Fitri bisa sampai sekitar 4.000 pengunjung dan hari kedua akan naik dua kali lipat," ujar Nursamin.

Untuk memasuki Tugu Monas, pengunjung umum dapat membayar sejumlah Rp5.000 per orang, mahasiswa Rp3.000 per orang, dan anak-anak atau pelajar cukup membayar Rp2.000 per orang.

Sedangkan pengunjung yang ingin naik ke pelataran puncak harus mengeluarkan biaya tambahan sejumlah Rp10.000 untuk pengunjung umum, Rp5.000 untuk mahasiswa, dan Rp2.000 untuk anak-anak dan pelajar.

Pewarta: Arnaz/Candra-Devianti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014