Jakarta (ANTARA News) - Gol tunggal penyerang sayap Barcelona, Pedro Rodriguez, membawa Spanyol menundukan Italia dalam laga persahabatan yang digelar di Vicente Calderon, Madrid, Kamis dini hari.

Pedro mencetak gol di menit ke-63 memanfaatkan umpan akurat Andres Iniesta dari tengah lapangan. Iniesta melepaskan umpan cantik menggunakan tumitnya dan bola langsung mendarat di kaki Pedro yang berada di daerah pertahanan Italia.

Pada laga ini Diego Costa dipercaya pelatih Vicente Del Bosque untuk melakukan debut, sementara Javi Martinez dimainkan sebagai bek tengah bersama Sergio Ramos.

Thiago Alcantara duet dengan mantan rekan setimnya di Barcelona, Sergio Busquets, di lini tengah dan pemain Chelsea, Cesar Azpilicueta, dimainkan sebagai bek kanan.

Permainan Thiago bersama David Silva dan Pedro dianggap paling memuaskan pelatih Del Bosque. Gelandang Bayern Munich tersebut menunjukkan bahwa ia pantas memperkuat klub dan tim nasional terbaik di dunia.

Kubu Italia mengerahkan empat pemain bertahan, tiga pemain di lini tengah dan tiga penyerang yakni, Antonio Candreva, Alessio Cerci dan Dani Osvaldo.

Pada menit 10 menit awal pertandingan jual beli serangan terjadi. Jordi Alba menembak dari sisi kiri usai memanfaatkan umpan Iniesta.

Pemain sayap Italia, Cerci, yang menggiring bola ke muka gawang Spanyol nyaris mencetak gol, sayang bolanya membentur mistar. Pedro juga membalas serangan namun Gianluigi Buffon menyelamatkan gawang Italia.

Iniesta dan Cesc Fabregas juga bergaintian merepotkan Buffon di babak pertama.

Diego Costa bermain dinamis dengan cukup rajin menjemput bola dan merepotkan pertahanan Italia. Namun beberapa kali tembakannya tidak berhasil menemui gawang.

Pada 45 menit berikutnya kedua tim melakukan tiga pergantian, Victor Valdes, Xabi Alonso dan Silva menggantikan Iker Casillas, Sergio Busquets dan Cesc Fabregas.

Cesare Prandelli juga memasukkan Andrea Pirlo, Ignazio Abate dan Mattio De Sciglio untuk menggantikan Christian Maggio, Antonio Candreva dan Domenico Criscito.

Silva adalah pergantian yang membuat taktik Spanyol bekerja maksimal karena membuat Thiago tampil bebas. Silva juga beberapa kali menembak namun bola tendangannya melebar.

Kehadiran Pirlo juga membuat Italia lebih mampu mendistribusikan bola dengan baik.

Gol yang ditunggu tuan rumah pun tercipta di menit ke-63. Silva memberika bola kepada Iniesta kemudian diteruskan kepada Pedro yang berhadapan langsung dengan Buffon, 1-0 untuk Spanyol.

Tertinggal, Italia meningkatkan tekanan mereka tetapi Spanyol memainkan bola dengan baik dan tidak membuat kesalahan.

Costa memiliki kesempatan mencetak gol di akhir laga namun tembakannya melebar. Pemain penganti, Santi Cazorla dan Jesus Navas juga nyaris merobek gawang Italia dari tendangan sudut namun kemenangan 1-0 tidak berubah hingga akhil laga.

Skkor: Spanyol 1-0 Italia

Pencetak gol : Pedro 63

Susunan pemain:
Spanyol: Casillas ( Valdes 46 ) , Azpilicueta , Javi Martinez , Sergio Ramos ( Albiol 66 ) , Alba , Busquets ( Alonso 46 ) , Thiago Alcantara , Pedro ( Cazorla 82 ) , Fabregas ( Silva 46 ) , Iniesta ( Navas 66 ) ; Diego Costa

Italia: Buffon ; Maggio ( Abate 46 ) , Paletta , Barzagli , Criscito ( De Sciglio 46 ) , Marchisio , Thiago Motta ( Giaccherini 62 ) , Montolivo ; Candreva ( Pirlo 46 ) , Osvaldo ( Immobile 69 ) , Cerci ( Destro 69 )

Penerjemah:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014